|

Kerajaan Arab Saudi Tunda Seluruh Ibadah Haji Tahun Ini


INILAHMEDAN - Arab Saudi : Terkait pandemi virus corona yang sudah mendunia, menteri haji Arab Saudi pada Selasa (31/3/20) meminta umat Islam di seluruh dunia menunda sementara rencana mereka untuk melakukan ibadah haji di tahun ini. Permintaan itu juga disampaikan setelah sebelumnya Arab Saudi menghentikan penerbitan visa umrah.

"Arab Saudi sebenarnya siap melayani jamaah haji dan umrah. Tetapi dalam kondisi saat ini, ketika kita berbicara tentang virus corona, Kerajaan merasa terpanggil untuk melindungi kesehatan umat Islam. Maka kami telah meminta umat Muslim di seluruh negara untuk menunda rencana menunaikan ibadah haji sampai situasinya jelas," kata menteri haji Mohammad Benten seperti dikutip dari AFP, Rabu (01/04/20).

Sebagaimana melansir CNNIndonesia, Pemerintah Saudi belum mengumumkan apakah mereka akan melanjutkan penyelenggaraan kegiatan ibadah haji tahun ini yang dijadwalkan akhir Juli mendatang atau tidak. Maklum, penyelenggaraan ibadah haji memang memberikan pendapatan besar bagi kerajaan Arab Saudi.

Pada tahun lalu, ibadah tersebut berhasil menarik 2,5 juta Muslim ke Arab. Kedatangan 2,5 juta tersebut telah memberikan pendapatan besar bagi Saudi.

Wabah virus corona terus menyebar luas belakangan ini. Sampai dengan berita ini ditulis, virus sudah menginfeksi 846.061. Akibat infeksi itu, 41.494 orang di antaranya meninggal dunia.

Di Arab Saudi, kementerian kesehatan kerajaan telah melaporkan 1.563 kasus infeksi dengan 10 kematian.  (**/imc/joy)







Komentar

Berita Terkini