|

Kapolda Bersama MUI Gelar Rakor Tangani Virus Covid-19


INILAHMEDAN - Medan : Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin dan para Pejabat Utama melaksanakan rapat koordinasi bersama MUI Provinsi Sumut di Jalan Sutomo Ujung Medan pada Senin (06/04/20).

Rapat tersebut guna secara bersama melakukan penanganan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dalam melindungi masyarakat agar tidak terpapar virus.

Bersama rombongan, Kapolda disambut oleh Ketua Umum MUI Sumut Prof H Abdullah, Wakil Ketua Umum H Maratua Simanjuntak dan H Arso, Sekretaris Umum H Ardiansyah dan Bendahara Umum H Ahmad Husein serta para peserta rapat lainnya.

Ketua MUI mengatakan dari penyebaran virus corona itu diharapkan tidak membuat pelaksanaan ibadah kendor.

" Artinya, ibadah tetap dilaksanakan, namun masyarakat harus waspada dan mengikuti instruksi pemerintah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta perbanyak doa agar wabah virus corona segera usai," katanya.

Kapolda mengatakan jumlah ODP di Sumut menurun, bukan berarti masyarakat dapat lengah dan berkumpul di luar rumah. Sesuai dengan arahan pemerintah, masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker.

" Karena virus corona yang tidak kasat mata ini dapat menular saat bersin dan batuk," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, harus dilakukan pshycal distancing atau jaga jarak. Polda bersama stake holder juga telah melakukan berbagai langkah pencegahan.

" Seperti memberi himbauan kepada masyarakat serta melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah kawasan di Kota Medan," ucapnya.

Secara bersama juga telah melakukan penyemprotan secara masif di seluruh wilayah Sumatera Utara oleh Polres jajaran.

" Di Mako Polda serta Polres jajaran wajib menyiapkan tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan bagi masyarakat dan pers yang datang berkunjung," jelasnya.

Polda tetap mengawal ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat dan akan menindak bagi yang menaikkan harga atau melakukan penimbunan.

Dengan berkoordinasi pada pengusaha kecil dan menengah agar kegiatan perekonomian tidak terhenti.

" Jangan khawatir dan tetap jaga kesehatan bersama-sama kita pasti bisa mencegah penyebaran virus corona," imbuhnya. (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini