|

Dirlantas Sahuti Imbauan Presiden Agar Masyarakat Tak Mudik


INILAHMEDAN - Medan : Menyahuti imbauan Presiden Jokowi, Direktur Lantas Polda Sumut, Kombes Kemas Ahmad Yamin juga mengimbau kepada seluruh lapisan  masyarakat agar tidak mudik ke kampung halaman saat menjelang bulan Ramadhan mendatang.

" Sebagaimana yang telah disampaikan presiden, kita berharap masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman mengingat bulan Ramadan dan Lebaran sudah di depan mata,” ujarnya, kemarin.

Ia mengatakan pihaknya sudah melaksanakan himbauan ini kepada seluruh lapisan masyarakat, baik melalui media sosial maupun spanduk. Agar masyarakat tidak melakukan mudik menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

" Untuk tahun ini, tidak usah dulu lah berjabat tangan, cukup bertatap muka saja melalui video call. Lebih baik kita di rumah dari pada pulang kampung tapi malah menjadi bencana,” ucapnya.

Menurutnya, saat lebaran tiba, suasana kampung halaman ramai untuk bertemu dengan orang tua, saudara, kawan lama dan makan masakan buatan mama sudah terngiang dipikiran.

Namun, di tengah pandemi corona, sebaiknya pulang kampung ditiadakan dulu sampai ada himbauan dan pemberitahuan lanjut.

Karena saat berada di perjalanan, apalagi menggunakan angkutan umum seperti bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang, bisa saja ada penumpang yang sudah terpapar.

Walau mudik menggunakan kendaraan pribadi, memang tidak bersentuhan sama orang ramai, namun bisa saja sewaktu mengisi bahan bakar, bertemu dengan ramai orang.

" Nah.. tidak bisa dipastikan diantara orang tersebut tidak terpapar dan tidak mungkin pula diperiksa mereka satu persatu," sebutnya.

Apalagi setelah tiba di kampung halaman, sudah tentu bersungkeman dengan orangtua yang sudah berusia lanjut, imun tubuhnya sudah tidak kuat lagi.

" Yang kita takutkan adalah, kita yang menularkan virus tersebut saat kita pulang kampung," urainya.

Karena kita juga tidak tahu selama di jalan, kita terpapar atau tidak. Dan bisa saja kondisi imun kita kuat makanya tidak terkena, namun orang yang imunnya rendah, maka dia akan terpapar.  (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini