-->
    |

Antisipasi Corona, Akhyar Laksanakan Gerakan 1 Juta Masker


INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution melepas Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker untuk lima kecamatan yang masuk zona merah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di eks SPBU Petronas Jalan Ring Road Medan, Sabtu (10/04/2020).

Kelima kecamatan yang masuk zona merah tersebut yakni Kecamatan Medan Tuntungan, Johor, Selayang, Baru dan Sunggal.

Selain minta kepada masyarakat untuk mengenakan masker, tim juga ditugaskan membubarkan masyarakat yang masih suka berkumpul di pusat pembelanjaan, kafe maupun rumah makan.

Sebelum melepas tim yang terdiri dari unsur kecamatan, polsek, koramil, Satpol PP, Badan Penanggulan Bencana Daearah (BPBD) Kota Medan serta KNPI, Akhyar dalam arahannya mengatakan, penggunaan masker bagi masyarakat yang berada di luar rumah merupakan hasil kesepakatan bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kota Medan. Sebab, pemakaian masker saat ini merupakan kebutuhan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Guna mendukung penggunaan masker, Akhyar mengatakan, Pemko Medan melaksanakan Gerakan 1 Juta Masker. Artinya, Pemko Medan akan menyediakan 1 juta masker untuk dibagikan kepada masyarakat. Diakui Akhyar, jumlah tersebut masih kurang karena penduduk Kota Medan saat ini berjumlah sekitar 2,8 juta jiwa. Oleh karenanya Akhyar pembagian masker ini diprioritas kepada warga kurang mampu.

Akhyar menjelaskan, masker yang dibagikan ini dibeli dari pelaku UMKM yang ada di Kota Medan. Dikatakannya, pembelian dilakukan secara bertahap karena para UMKM tidak hanya menyediakan masker untuk Kota Medan saja tetapi juga di luar Kota Medan seperti Pekanbaru hingga Papua.

Pelepasan tim gabungan yang melibatkan tiga pilar kecamatan, koramil dan polsek ditandai dengan pemberian masker kepada sejumlah petugas secara simbolis.

Setelah itu Akhyar menuju Pasar Melati di Jalan Bunga Sakura Medan, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Di sana Akhyar membagi-bagikan masker kepada sejumlah pedagang maupun pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan masker. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini