|

Akhyar: Waspada Transmisi Lokal Penyebaran Covid-19



INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengingatkan seluruh warga agar waspada mengingat saat ini di Kota Medan telah memasuki masa transmisi lokal penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Artinya, penyebaran virus corona yang terjadi tidak lagi melalui masyarakat dari luar Kota Medan maupun memiliki riwayat perjalanan dari kawasan pandemi Corona tetapi sudah melalui antar masyarakat lokal.

"Saat ini masanya penularan Covid-19 yang terjadi melalui antar sesama kita (transmisi lokal). Jadi kita harus waspada. Tidak tertutup kemungkinan kasus Covid-19 di kota-kota lain akan terjadi di Kota Medan," kata Akhyar ketika menghadiri penyerahan Bantuan Kepedulian Pasca Pandemi Covid-19 dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Sumut kepada  Kecamatan Medan Denai di Kantor Camat Medan, Jumat (24/04/2020).

Guna mengatasi transmisi lokal tidak terjadi secara massif, Akhyar menegaskan, seluruh warga Kota Medan wajib mengenakan masker, terutama ketika melakukan aktifitas di luar rumah.

"Tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai masker. Apalagi masker saat ini sudah mudah didapatkan. Apabila tidak ada masker, gunakan kain untuk menutupi mulut dan hidung," ungkapnya. 

Bagi umat muslim yang ingin melaksanakan salat, termasuk berjamaah, Akhyar mempersilakannya. Hanya saja saat melaksanakan salat, Akhyar minta untuk tetap memakai masker demi keselamatan bersama. "Orang yang sehat bisa menjad carrier (pembawa) virus Corona  bagi orang lain," terangnya.(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini