|

Afif: Langkah Pemko Gratiskan Uang Sekolah Harus Direalisasikan

Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan Afif Abdillah

INILAHMEDAN - Medan: Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan Afif Abdillah mengapresiasi langkah Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang akan melakukan kajian untuk menggratiskan uang sekolah untuk tingkat SD dan SMP sederajat di Medan selama pandemi Covid-19.

"Ini sangat kita apresiasi. Kita berharap lekas terealisasi," kata Afif Abdillah di Medan, Kamis (16/04/2020).

Menurut Afif, dampak wabah virus corona memaksa pemerintah melakukan imbauan pembatasan ke luar rumah. Situasi ini tentu saja sangat berdampak dari sisi ekonomi masyarakat. Khususnya masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

”Di sinilah dibutuhkan peran aktif pemerintah Kota Medan untuk memberikan solusi bagi masyarakat Medan yang terdampak virus corona. Terlebih lagi mengenai biaya pendidikan anak-anak mereka,” kata Afif.

Afif berharap langkah Pemko Medan yang mengkaji untuk menggratiskan uang sekolah jangan sebatas wacana.

”Kita di DPRD Medan juga sudah melakukan rapat bersama OPD Pemko Medan tentang pengalihan anggaran dari masing-masing OPD untuk penanganan Covid-19," katanya.

Afif juga mengapresiasi beberapa yayasan pedidikan swasta di Medan yang memberikan potongan pembayaran uang sekolah pasca imbauan anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor agar pihak yayasan pendidikan memberikan keringanan uang sekolah.

Afif berharap Plt Wali Kota Medan mengeluarkan surat keputusan yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Medan untuk diteruskan ke setiap sekolah baik negeri dan swasta agar menggratiskan uang sekolah kepada murid.

Sebelumnya Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan pihaknya tengah mengkaji untuk menggratiskan uang sekolah tingkat SD dan SMP.

“Ada pemikiran dan rencana Pemko Medan (menggratiskan uang sekolah). Tapi belum final, karena sedang dihitung secara rinci atau fix,” kata Akhyar di Medan, Kamis (16/04/2020).

Akhyar mengatakan proses kajian tersebut akan selesai dalam waktu dekat.

“Kami berharap akhir bulan ini sudah ada perencanaan yang bisa dirilis kepada masyarakat Kota Medan,” katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini