-->
    |

Wartawan Pejuang Dan Perintis Kemerdekaan


INILAHMEDAN - Pandan : Wina Armada Sukardi mengatakan wartawan adalah pejuang dan perintis kemerdekaan yang ikut dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

" Salah satu buktinya yakni penyebaran lagu Indonesia Raya dan yang menyampaikan pesan kemerdekaan itu adalah wartawan. Jadi wartawan itu pejuang dan penegak kemerdekaan," katanya dalam pengantar untuk Uji Kompetensi Wartawan Sumut di Hotel PIA, Pandan, Selasa (03/03/20).

Pria kelahiran '59 itu menyatakan bahwa wartawan Indonesia memiliki 'darah pejuang' disamping sebagai pekerja profesional, punya tanggung jawab profesional, sosial dan kebangsaan.

" Wartawan harus mampu menjaga harkat martabatnya dengan karya dan perilakunya," jelasnya.

Dan yang lebih penting, menurutnya, wartawan jangan jadi 'penghianat'. Oleh karenanya, ia menegaskan pentingnya bagi wartawan untuk bisa mengikuti uji kompetensi agar tidak salah dalam menjalankan tugas.

" Dengan demikian akan lebih bernilai dan memiliki kualitas sebagai wartawan," ungkapnya.

Mantan Sekjen PWI Pusat yang menjadi pengantar pada uji kompetensi wartawan kali ini lebih menekankan pentingnya UU Pers No 40/1999
Kode Etik Jurnalistik dan peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

Ketua PWI Sumut, Hermansyah menekankan kepada para peserta yang berjumlah lebih kurang 30 wartawan berasal dari berbagai daerah tersebut agar bersungguh sungguh dalam mengikuti kegiatan.

" Ini merupakan kesempatan yang sangat jarang bisa kita peroleh, apalagi untuk uji kompetensi wartawan paling tidak bisa digelar dalam waktu enam bulan sekali setiap tahunnya," pungkasnya. (joy)
Komentar

Berita Terkini