-->
    |

Tingkatkan Kekebalan Tubuh, ODP di Sumut Berkurang 58,9 Persen

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara Aris Yudhariansyah memberikan keterangan terkait kondisi terkini wabah Covid-19 untuk wilayah Sumut di Media Center, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro No. 30, Medan, Minggu (29/03/2020). (foto: ist) 

INILAHMEDAN - Medan: Meningkatkan kekebalan tubuh diyakini mampu menghadapi serangan virus corona (Covid-19).

"Kekebalan yang baik akan menghasilkan antibodi yang baik pula. Untuk itu, masyarakat harus senantiasa menjaga kekebalan tubuhnya agar mampu melawan Covid-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangananan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah dalam keterangan pers di Media Center kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Ahad (29/03/2020).

Kata Aris, untuk memperbanyak antibodi, maka perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E setiap hari. Serta berjemur di pagi hari agar terpapar sinar ultraviolet pagi.

Aris menjelaskan cara kerja antibodi. Sewaktu pertama kali masuk, virus ditolak tubuh dengan bersin. Jika masuk tenggorokan, akan dilawan dengan batuk. Sementara jika masuk ke dalam tubuh, maka penolakan tubuh adalah demam.

“Kalau setelah demam, masih tembus juga barulah antibodi keluar melawan virus itu,” jelas Aris.

Aris menyampaikan sabun juga sangat efektif membunuh virus. Bahkan dengan sabun apa saja. “Kelemahan virus ini bisa dengan sabun, kalau tidak ada hand sanitizer pakai sabun apa saja,” kata Aris.

Kata Aris, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga 29 Maret 2020 pukul 17.00 WIB berjumlah 2.556. Angka tersebut berkurang hingga 58,9 persen dari hari sebelumnya yang berjumlah 4064 orang.

Sementara itu jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat berjumlah 77 orang serta Covid-19 positif berjumlah 14 orang. Sudah ada 7 orang Covid-19 negatif yang sudah pulang.

Untuk alat rapid test, katanya, sedang dalam proses pemetaan distribusi. Rapid test akan diprioritaskan pada 2 kelompok yakni tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan ODP/PDP, dan PDP yang telah dirawat. “Ini yang akan disegerakan tesnya,” kata Aris.

Sementara itu, logistik untuk penanganan Covid-19 sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Sumut yakni Langkat, Dairi, Kepulauan Nias, Humbang Hasundutan, Serdangbedagai, Medan, Pakpak Bharat, Padangsidimpuan, Karo, Mandailing Natal dan Tanjungbalai serta rumah sakit (RS) diantaranya RS GL Tobing, RS Haji, RSAL Komang Makes, RS TNI AU Lanud Soewondo, RS Sari Mutiara, RS Putri Hijau dan Polda Sumut.(imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini