-->
    |

Sampai di Asahan, 17 WNI Dari Malaysia Jalani Periksaan Kesehatan


INILAHMEDAN - Asahan: Sebanyak 17 pelancong Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Negara Malaysia diperiksa kesehatanya, yang terdiri dari 10 orang warga Asahan, 5 orang warga Tanjungbalai dan 2 orang Warga Labuhanbatu, Senin (30/03/2020) dini hari di Terminal Madya Kisaran.

Pemeriksaan para pelancong ini dilakukan oleh Gugus Tugas Covid yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar S.Sos MS.i dan Polres Asahan dengan menaiki mobil Bus langsung di netralisir dengan penyemprotan menggunakan Desinfektan, Pemeriksaan Suhu Tubuh dan Pemeriksaan Riwayat Penyakit untuk mencegah indikasi penyebaran corona karena baru kembali dari luar negeri.

Sekda Asahan mengatakan pemeriksaan ini dilakukan dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid -19) ke Kabupaten Asahan.

"Kita melakukan penyemprotan dan pemeriksaan kepada orang yang baru kembali dari luar negeri ini salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus yang saat ini cukup membahayakan umat manusia," kata Sekda.

Masih kata Sekda menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, bahkan masyarakat yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) mayoritas dalam kondisi sehat.

" Memang hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, namun kita harus tetap waspada dengan lakukan antisipasi terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan masyarakat tertular virus corona”, kata Sekda.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang merupakan Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19  di wakili Kasat Intel AKP Sunarto, SH menyampaikan bahwa dari hasil pemeriksaan kesehatan kepada 17 orang pelancong dari Malaysia tidak ada indikasi tertular virus Corona.

Masih kata Sunarto menjelaskan  bahwa 17 Orang Pelancong  yang pulang ke kampung halaman ini sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 5 kali saat hendak menuju ke Kisaran.

Lanjut Sunarto mengatakan bahwa ke 17 Pelancong  ini nantinya diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas terdekat dari kediamannya.

“Untuk menjamin kesehatan, saya minta kepada 17 Pelancong ini agar tetap memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat,” tutup Sunarto.

Turut juga hadir dalam penjemputan Kadis Kominfo H Rahmad Hidayat Siregar S.Sos MSi,  Plt. Kepala  BPBD, Khaidir Sinaga, Plt. Kasat Pol PP Sopiyan Manulang, Kapala Dinas Perhubungan M.Yusuf,  Dirut RSUD HAMS Dr. Edi Iskandar dan, Disnaker, Budi Anhari.(imc/adlin)

Komentar

Berita Terkini