|

PMI Medan Ajak Masyarakat Tetap Donor Darah


INILAHMEDAN - Medan: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan mengajak masyarakat tetap melakukan donor darah.

Sebagaimana diketahui, adanya larangan berkumpul untuk mencegah virus Corona, kegiatan donor darah banyak tertunda. Alhasil banyak pendonor melakukan social distancing (menjaga jarak antar manusia) dan melakukan kegiatan di rumah saja.

Kasi Pelayanan Teknik Laboratorium dan BDRS UTD PMI Medan dr Ira Fitrianti Putri Lubis mengatakan dengan adanya larangan berkumpul, sekitar 20 kegiatan mobile unit PMI batal.

"Larangan berkumpul juga cukup berdampak pada pendonor darah yang takut ke luar rumah untuk mendonorkan darahnya. Memang kalau di Sumut khususnya di PMI Medan stok darah untuk saat ini masih aman karena masih di atas 1500 bag darah. Tapi tidak tahu untuk 1 minggu ke depan gimana," ungkap dr Ira kepada wartawan, Jumat (20/03/2020).

Oleh sebab itu, saat ini PMI seluruh Indonesia bersama-sama mengimbau masyarakat di Indonesia untuk tidak takut berdonor darah. Karena pasien tetap butuh darah.

Dokter Ira juga menuturkan bahwa dalam wabah covid-19 ini, PMI mengkampanyekan "Kalian Tetap di Rumah. Yang Sehat Sempatkan Waktu Donor Darah" di PMI Kota Medan Jalan Perintis Kemerdekaan No 37.

"Sebab transfusi darah untuk pasien tidak bisa ditunda," tegasnya.

PMI Medan juga mengimbau masyarakat jangan takut mendonorkan darahnya. Sebab donor darah saat ini aman.

"Saat ini PMI Medan telah menjalankan sesuai SOP setiap kegiatan yang dilakukan. Jika masyarakat ragu kami sudah siapkan masker, hand sanitizer, sistem jarak 1 meter juga sudah diberlakukan. Tempat cuci tangan juga disediakan. Jadi jangan takut karena pasien tetap butuh darah kita," ungkap Ira.

Adapun stok darah sehat yang berada di PMI Kota Medan yakni Stok WB (Whole Blood) jenis golongan darah A sebanyak 551, golongan darah B sebanyak 256, golongan darah AB 144, golongan darah O sebanyak 607. Total Stok WB ada 1558 kantong.

"Sedangkan stok PRC (Packed Red Cell) atau sel darah merah untuk golongan darah A sebanyak 53, golongan darah B sebanyak 25, golongan darah AB sebanyak 34 dan golongan darah O sebanyak 20. Total ada 132 kantong darah. Untuk total seluruhnya darah sehat ada 1690 kantong," ungkapnya.(imc/fat)
Komentar

Berita Terkini