-->
    |

Kodim 0201/BS Amankan Pamen Mabes TNI Gadungan


INILAHMEDAN - Medan : Berkedok Perwira Mabes TNI berpangkat Mayor, Arianto (40), warga Jalan Pasar VIII, Marelan, Gang Barokah diamankan personil Intel Kodim 0201/BS pada Minggu (22/03/20).

" Pelaku menjalankan modusnya sejak November tahun lalu. Dan telah berhasil meraup keuntungan dari warga yang menjadi korban penipuannya untuk masuk TNI (Akmil) dengan meminta uang Rp 60 juta," kata Pasi Intel Kodim 0201/BS, Mayor Andri Prasetyo Wibowo, Senin (23/03/20).

Ia mengatakan, akibat perbuatan pelaku tersebut, telah 'mencoreng' nama baik TNI.

" Kami merasa keberatan dan tidak senang atas tindakan yang dilakukan tersangka itu. Oleh karenanya kami mengamankan yang bersangkutan agar menjadi efek jera terhadap yang bersangkutan," tegasnya.

Selanjutnya, tersangka dalam menjalankan aksinya tidak sendirian ada seorang temannya yang berhasil kabur saat diamankan oleh korban." Dan yang kabur diketahui bernama Ucok," sebutnya.

Tersangka tidak bisa menunjukkan identitasnya ketika ditanya korban, lalu korban pun menghubungi pihak Intel Kodim 020I/BS untuk memastikan bahwa pelaku benar seorang TNI.

Pasi Intel juga mengatakan korban merasa yakin kalau Arianto seorang prajurit TNI karena sering membawa senjata api. Namun senjata api tersebut belum diketahui apakah jenis softgun atau mancis.

Apalagi selaku korban, yakni Antoni yang dijanjikan bisa mengecek kesehatan di RSU Putri Hijau untuk masuk Akmil tersebut. Selain meminta uang, tersangka Arianto juga berhasil membawa satu unit Yamaha Scorpio Z BK 5579 LAA miliknya.

Bukan hanya korban Antoni untuk masuk Akmil saja yang menjadi mangsa, namun juga berhasil menipu Irwan Cs dengan meraup keuntungan belasan juta rupiah berdalih keperluan kepengurusan tanah Eks HGU PTPN2 di Binjai dan Tanjung Morawa.

" Nah.. dari sini terungkap pula bahwa tersangka pernah menjadi Satpam PTPN2 di Batangkuis selama 7 tahun dan kemudian dipecat.

Guna penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut, pihak Kodim I/BB membawa tersangka berikut barang bukti berupa atribut TNI yang dibelinya dari salah satu toko penjual atribut TNI di Jalan Gatot Subroto Medan untuk diserahkan ke Polrestabes Medan.

Dihimbau, bagi masyarakat yang menemukan warga seperti pelaku mengaku sebagai TNI, segera melaporkan kepada Bhabikamtibmas terdekat, anggota Koramil dan Kodim setempat. (joy)

Komentar

Berita Terkini