|

Gelar Rakor Penanganan Covid-19, Plt Kadis Kesehatan Sampaikan 102 ODP


INILAHMEDAN - Asahan: Bupati Asahan H Surya BSc memimpin rapat koordinasi (Rakor) penanganan Covid -19 atau yang disebut Virus Corona, Selasa (24/3/2020) di aula pondopo Rumah Dinas Bupati Asahan.

Rakor ini dihadiri anggota DPRD Provsu dan Forkompimda, Sekda Taufik Zainal Abidin Siregar, para Asisten, para OPD, ketua MUI, ketua Imtaq, ketua FKUB dan para camat.

Bupati Asahan mengatakan akan membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 melibatkan Pemda, TNI, Polri, Akademisi, Pengusaha dan Media dalam membahas untuk menentukan status wabah pandemi bencana non alam di Asahan.

Bupati Asaha mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, tidak membeli kebutuhan berlebihan dan tidak menimbun bahan kebutuhan pokok.

Bupati juga instruksikan kepada OPD dan satuan vertikal agar melakukan sosialisasi dalam pengendalian resiko infeksi Covid-19. Bupati mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah, menghindari keramaian apabila tidak ada kepentingan mendesak. Jaga kesehatan dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta kepada seluruh perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisonal, hotel, tempat hiburan, restoran, tempat wisata dan tempat umun lainnya agar menyediakan cuci tangan berupa air mengalir dan hand sanitizer. Kepada camat, Bupati instruksi untuk tetap monitor kondisi masyarakat dan terus berkonsultasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan.

Forkopimda meminta kepada Pemkab Asahan untuk bertindak lebih sigap mencegah penyebaran virus corona di Asahan dengan menerapkan situasi siaga darurat, mencari rumah sakit untuk dijadikan tempat isolasi pasien yang terjangkit virus corona, menyediakan alat-alat pelindung dan sarana prasarana kesehatan yang maksimal untuk tenaga medis, mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan massa, melakukan penyemprotan desinfektan di rumah  ibadah, instansi pemerintahan, tempat layanan publik dan mempermudah masyarakat mendapatkan peralatan kesehatan seperti masker dan hands sanitizer.

Anggota DPRD Provsu, Ir Yahdi Khoir Harahap berharap serangan covid-19 dapat berlalu bila seluruh stakeholder bersatu dalam memeranginya dengan melakukan langkah-langkah yang konkrit. Politisi PAN ini juga memberikan apresiasi atas langkah yang diambil Pemkab Asahan dalam pencegahan covid 19. “Kami akan menyampaikan hal ini kepada Gubernur Sumatera Utara agar menjadi perhatian”, kata Yahdi.

Plt Kadis Kesehatan Asahan, Drs John Hardi Nasution MSi dalam laporanya menyampaikan bahwa di Asahan terdapat 102 orang dalam pemantauan dengan kondisi 96 orang sehat dan 6 orang sakit.

Ke 102 orang tersebut berasal dari Kecamatan Sei Dadap 9 orang, Air Joman 7 orang, Silau Laut 37 orang, Rahuning 2 orang, Buntu Pane 4 orang, Setia Janji 6 orang, Kota Kisaran Barat 5 orang, Kota Kisaran Timur 15 orang, Pulau Bandring 1 orang, Sei Kepayang 1 orang, Pulau Rakyat 4 orang, Aek Ledong 9 orang, Tanjung Balai 1 orang dan Simpang Empat 1 orang, ujar John Hardi. (imc/adlin)

Komentar

Berita Terkini