|

Dandim Sambut Tim Wasrik


INILAHMEDAN - Langsa : Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Hasanul Arifin Siregar menyambut kedatangan Tim Wasrik Itdam IM pada TW-I 2020, di Aula Yudha Makodim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Kamis (12/03/20). 

Kegiatan dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan mulai dari sistem administrasi hingga pelaksanaan kegiatan dengan sasaran Pos Audit Progjagar TA 2019.

Pada 2020 ini agar lebih baik sesuai dengan petunjuk dan arahan Komando Atas. Sebagai satuan yang telah mendapatkan predikat Satter terbaik tingkat utama Se-Indonesia.

Dandim 0104/Atim memberi ucapan selamat datang dan berterima kasih kepada ketua tim dan rombongan sehingga Kodim 0104/Atim tetap selalu terjaga serta melestarikan kemampuan dalam seluruh bidang.

Satuan ini telah mendapatkan Delegasi dari Komando Atas sebagai satuan terbaik. " Jadi jangan sampai karena kelalaian sepele ditiap bidang administrasi dan fisiknya menjadi suatu hambatan dalam pelaksanaan tugas kita kedepan," ujarnya.

Dengan jemput bola dari satu tingkat di atas hingga ke satuan atas berikutnya yang merupakan pihak terkait lainnya seperti bidang logistik.

Untuk kendaraan yang telah usang dan tidak terpakai lagi segera lakukan koordinasi dengan satuan Denpal Lhokseumawe, Korem 011/LW maupun Paldam IM.

Kemudian akan dilakukan penyegeraan pengambilan barang tersebut yang disertai kelengkapan dengan bukti dalam bentuk yang telah di atur dalam menu yang ada.

" Sehingga antara administrasi dan fisik selaras," sebutnya.

Ketua Tim Wasrik Itdam IM Kolonel Santosa, kegiatan pengawasan dan pemeriksaan dititik beratkan dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan negara di Kodam IM yang transparan dan akuntabel.

Mendapatkan penilaian BPK RI terhadap laporan keuangan Kemhan/TNI di Kodam IM memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) melalui optimalisasi fungsi pengawasan melekat dan pengawasan fungsional guna mendukung pelaksanaan program dan anggaran.

" Metode Wasrik dengan pola Free Audit, Current Audit dan Post Audit untuk membantu satuan-satuan, sehingga diperoleh pertanggung jawaban keuangan dengan sistem akuntansi keuangan BPK dan sistem informasi management dan barang milik Negara (SIMAK BMN)," tuturnya. 

Lingkup sasaran kegiatan Wasrik TW-I s.d TW-IV Th. 2019 meliputi : Pertama, melaksanakan Wasrik terhadap program kerja Ta 2020.

Kedua, pengawasan terhadap tindak lanjut temuan Wasrik eksternal, maupun internal yang masih belum selesai. Ketiga, pengawasan terhadap pemeliharaan pembangunan dan fasilitas di satuan jajaran Kodam IM.

Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Staf Kodim 0104/Atim. (*/joy)
Komentar

Berita Terkini