|

Bupati Asahan Pastikan Kesiapan Posko Gugus Tugas Penanganan Corona


INILAHMEDAN - Asahan: Bupati Asahan H Surya Bsc yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kab Asahan meninjau kesiapan Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk dijadikan sebagai Posko Gugus Tugas Penanganan Corona, Minggu (29/03/2020).

Bupati Asahan H Surya Bsc mengatakan gedung Dekranasda untuk sementara diubah menjadi Posko penanganan virus corona di Kab. Asahan. Mulai esok (Senin, 30/3/2020) tim akan mulai beroperasi.

Beliau menyebutkan di posko tersebut akan ditempatkan petugas dari beberapa unsur yakni tenaga kesehatan, TNI, Polri dan pimpinan wilayah setempat.

“Petugas di posko nantinya akan stand by 24 jam setiap hari untuk terima laporan dan penanganan awal penyebaran Covid-19,” terang Surya.

Selesai tinjau kesiapan posko, Bupati Asahan lakukan kunjungan ke RSUD HAMS untuk pantau pelaksanaan antisipasi penyebaran virus corona.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur RSUD HAMS dr. Edi Iskandar laporkan kepada Bupati bahwa RSUD HAMS telah penuhi standar operasional prosedur penanganan bila nantinya terdapat pasien yang tertular virus corona.

Dalam kunjungannya, Bupati Asahan juga terima laporan dari Dirut RSUD HAMS, bahwa saat ini ada satu orang dengan status ODP tengah dirawat di ruang isolasi RSUD HAMS.

Mendapat laporan itu, Bupati Asahan langsung melihat kondisi pasien yang dirawat di RSUD HAMS. Dirinya juga sampaikan kepada Dirut RSUD HAMS bahwa segala biaya perobatan pasien tersebut akan ditanggung oleh dirinya.

Lebih lanjut Bupati Asahan berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran virus corona.

“ Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat, jangan panik dan tidak melakukan tindakan berlebihan dalam membeli kebutuhan, serta kurangi aktifitas di luar rumah dan tempat keramaian bila tidak ada kepentingan mendesak,” tandas Bupati.

Dirinya juga berharap partisipasi dari masyarakat untuk proaktif mencegah penyebaran virus corona dengan melaporkan kepada Sekretariat Gugus Tugas bila mengetahui ada warga yang memiliki gejala tertular virus corona atau baru kembali dari daerah yang terjangkit virus corona ke call center Gugus Tugas di Nomor 08116796119.

Di tempat yang sama Sekretaris Daerah Kab Asahan Taufik Zainal Abidin juga himbau masyarakat untuk tetap berada dirumah. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona agar tidak masuk ke Asahan.

Dirinya juga berpesan kepada warga Asahan yang berada di luar kota untuk tidak memaksakan kembali ke Kab. Asahan bila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. (imc/adlin)

Komentar

Berita Terkini