|

Bupati Asahan Hadiri Pembekalan 45 Kepala Desa


INILAHMEDAN - Asahan: Bupati Asahan H Surya BSc menghadiri pembekalan 45 Kepala Desa di aula Hotel Marina Kisaran dengan tema “tingkatkan kinerja menuju Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri", Senin (09/03/2020).

Kadis PMD Asahan M Azmy Ismail MSi menyampaikan pembekalan dilaksanakan sesuai Permendagri Nomor 2 tahun 2015 pasal 6 ayat (1) berbunyi calon Kepala Desa terpilih yang telah dilantik wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kab/Kota.

Pembekalan bertujuan untuk memberikan pembinaan mental dan disiplin, hal ini perlu diberikan terutama dalam penyampaian laporan realisasi penyerapan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang wajib disampaikan secara periodik.

"Dengan pembekalan ini para Kepala Desa terpilih dapat pemahaman yang jelas tentang tugas dan kewajiban penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dan Administrasi Pemerintahan Desa. Seusai pembekalan ini para Kepala Desa diharapkan mampu menjalankan tugas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat", ujar Azmy.

H Surya dalam sambutannya menyampaikan dengan dilantiknya para Kepala Desa maka secara implisit sudah menyandang sebagai Pamong yang mengandung makna antara lain: memberikan pelayanan dengan mengedepankan kewajiban dari pada hak,  mengayomi secara adil seluruh masyarakat, bekerja tanpa pamrih untuk melayani kepentingan masyarakat, membina hubungan baik dengan BPD, LPM, PKK, organisasi dan lembaga kemasyarakatan lainnya. Menguasai administrasi Pemerintahan Desa, mentaati peraturan dan perundang undangan yang berlaku dan loyal terhadap atasan.

"Perjalanan yang saudara lewati sampai terpilih jadi Kepala Desa cukup panjang, saudara harus mampu melupakan segala intrik dalam proses Pilkades, jadikan itu sebagai motivasi dalam merangkul masyarakat untuk membangun desa masing masing. Kepada para nara sumber diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada para Kepala Desa dengan menggunakan metode yang praktis", ujar Surya.

"Hasil dari pelatihan ini saya harapkan dapat memunculkan pemimpin pemimpin desa yang mengerti tugas dan tanggung jawabnya, memahami segala peraturan yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas serta mampu menggerakkan seluruh  potensi masyarakat menuju taraf hidup yang lebih baik, lebih sejahtera demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri", ujar Surya. (imc/adlin)

Komentar

Berita Terkini