|

Balon Wakil Walkot Rusdi Sinuraya Hadiri Pelantikan DPP Formad


INILAHMEDAN - Medan: Bakal Calon Wakil Wali Kota Medan Rusdi Sinuraya menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Forum Masyarakat Adat Deli (Formad) di Amaliun Convention Hall Jalan Amaliun Medan, Sabtu (07/03/2020).

Pelantikan dihadiri oleh Sultan Deli XIV, Sri Peduka Tuanku Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam, Gubernur Sumut diwakili Asisten I Pemprovsu M Fitriyus, Plt Wali Kota Medan diwakili Kadis Kebudayaan OK Zulfi, mantan Gubernur Sumut T Erry Nuradi dan anggota DPR RI Hidayatullah serta DR ( HC) Teuku Ampun Qum, pemangku Radja Muda Atjeh di Tanah Melayu Deli.

Rusdi Sinuraya mengaku, mendapat undangan dari panitia pelantikan karena masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga Sultan Deli. "Nenek ibu saya masih keluarga dekat Sultan Deli dan dimakamkan di Masjid Raja Al Mansun," ujar Rusdi.

Sementara itu Sri Peduka Tuankan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam dalam petuahnya memiliki harapan besar kepada Formad untuk dapat menjaga kebhinekaan di wilayah adat Kesultanan Deli.

"Mengutip pernyataan Presiden RI Joko Widodo, bahwa Sumatera Utara merupakan miniatur dari Indonesia karena memiliki suku, agama dan budaya yang beragam. Oleh karena itu sudah merupakan kewajiban kita untuk dapat menjaga kerukunan antar suku dan agama serta melestarikan ada yang ada di Sumut. Mudah-mudahan ke depan Formad mampu menjalankan tugas yang amat mulia ini," harapnya.

Sebelumnya Ketua Umum DPP Formad, T Muhammad Fauzi S.Kom dalam sambutannya mengatakan, tugas Formad ke depan sangat berat, karena menjadi penjaga adat budaya sekaligus jembatan antara Kesultanan Deli dengan masyarakat adat.

"Melalui kesempatan ini, saya berharap agar DPRD Medan membuat Perda tentang perlindungan situs-situs bersejarah di Medan. Kami sangat prihatin karena sangat banyak situs bersejarah yang dirubuhkan dan terancam karena kebijakan pembangunan oleh Pemko Medan. Selain itu kami berharap agar DPRD Medan juga membuat Perda tentang Berteluk Belanga pada hari-hari tertentu," harapnya.

Adapun pengurus DPP Formad yang dilantik masing-masing Ketua Umum T Muhammad Fauzi, S.Kom, Sekretaris OK Muhammad Mukhlis dan Bendahara OK Ardiansyah. Kepengurusan juga dilengkapi dengan bidang-bidang. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini