|

Antisipasi Corona, Tirtanadi Siapkan Tangki Air Pencuci Tangan Untuk Masyarakat


INILAHMEDAN - Medan: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara menyiapkan tangki air pencuci tangan untuk masyarakat guna mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Sumut, khususnya Medan.

Bekerja sama dengan Bank Sumut melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penyerahan tangki air pencuci tangan dilakukan di halaman Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (30/03/2020).

Tangki air pencuci tangan diserahkan langsung secara simbolis kepada lima orang perwakilan camat di Kota Medan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara didampingi Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi Sumut Trisno Sumantri.

Penyerahan dihadiri juga jajaran PDAM Tirtanadi yaki Direktur Air Minum Jhoni Mulyadi, Kepala Divisi (Kadiv) Sekretaris Perusahaan (Sekper) Tirtanadi Humarkar Ritonga, Kadiv Transmisi Distribusi Muhri, Kadiv Umum Nurlin, Ka Litbang Adi Sucipto. Perwakilan masyarakat yang menerima yakni Camat Medan Petisah Agha Nofriyan, Camat Medan Polonia Amran Sanusi Rambe, Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis, Camat Medan Tembung Ahmad Barli M Nasution dan Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar.

Gubernur meminta kepada camat agar dijaga dengan baik dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa menggunakannya sebagai salah satu upaya pencegahan dalam memerangi virus corona.

Kata Gubernur, salah satu pencegahan yang paling efektif adalah dengan sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air bersih 20 detik atau dapat juga menggunakan cairan antiseptik.

"Untuk mencegah virus hindari pertemuan dengan orang banyak, pakai masker jika sedang sakit. Jika sakit sebaiknya berdiam di rumah dan batasi interaksi dengan orang lain. Satu lagi jangan panik dan mudah tetpancing dengan berita yang tidak bertanggung jawab," kata Gubernur.

Sementara Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri mengatakan tanki air untuk cuci tangan tersebut direncanakan akan disebar ke setiap kecamatan yang ada di Kota Medan dan sekitarnya sebagai wujud nyata kepedulian Tirtanadi dalam mengantisipasi berkembangnya virus corona di Provinsi Sumatera Utara khususnya Kota Medan dan sekitarnya.

"Kita juga memohon doa kepada seluruh masyarakat agar wabah Virus COVID-19 ini cepat berlalu dan aktifitas masyarakat kembali berjalan seperti biasa," kata Trisno.

Joni Mulyadi selaku Direktur Air Minum yang juga sebagai Ketua Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 PDAM Tirtanadi menyampaikan saat ini memang ada beberapa tanki air cuci tangan di tempat-tempat tertentu dan tidak berkordinasi dengan PDAM Tirtanadi dalam ketersediaan airnya. Maka jika kedapatan mengambil jalur air dari perpipaan Tirtanadi akan ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

"Ini merupakan losis (kehilangan air-red) bagi Tirtanadi," katanya.

Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis, mengatakan tanki air cuci tangan ini akan kami letakkan di pasar ikan lama (kesawan-red).(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini