|

Kapolri Apresiasi Polda Dan Forkopimda Atasi Karhutla


INILAHMEDAN - Riau : Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan apresiasi dari upaya yang dilakukan Polda Riau dan jajaran Forkopimda di Provinsi Riau, dalam pencegahan mengantisipasi terhadap ancaman kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal itu disampaikan jenderal bintang empat tersebut saat meninjau Posko relawan Karhutla di area Purna MTQ Kota Pekanbaru, Rabu (12/02/20).

" Saya sangat mengapresiasi kesiapan seluruh jajaran Forkopimda Riau dalam upaya pencegahan dan hari ini saya melihat bersama Pak Panglima. Yang dilakukan Riau sangat bagus, bahkan saya minta beberapa Polda harus mencontoh apa yang dilakukan Riau," ujarnya.

Menurutnya, Satgas pencegahan harus dikedepankan dengan dibarengi upaya penindakan dalam kontek langkah hukum terhadap pelakunya, baik bagi perorangan maupun koorporasi.

Dalam kunjungan selama dua hari, Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melihat langsung bagaimana upaya seluruh stake holder mencegah Karhutla.

Kesiapan Riau dalam pencegahan Karhutla tersebut, mendapat apresiasi dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Bahkan ia mengintruksikan agar beberapa Polda di Indonesia mencontoh yang dilakukan Provinsi Riau.

Polda Riau menggagas dibentuknya Posko relawan Karhutla beberapa waktu lalu. Selain itu, Riau juga memiliki aplikasi Dashboard Lancang Kuning sebagai pemantau titik api. Dari intruksi pemadaman di lokasi Karhutla hingga kegunaan lainnya.

Dengan Dashboard lancang kuning yang dibuat Polda Riau tersebut, tentunya kondisi terkini seluruh pelosok wilayah dapat dipantau secara langsung, termasuk bila ada terjadi Karhutla di suatu kawasan di Riau.  (*/joy)
Komentar

Berita Terkini