-->
    |

Balon Wakil Wali Kota Medan Rusdi Sinuraya Silaturahim ke Sumut Pos


INILAHMEDAN - Medan: Bakal calon Wakil Wali Kota Medan Rusdi Sinuraya melakukan kunjungan silaturahim ke kantor Harian Sumut Pos di Gedung Graha Pena Jalan SM Raja Medan, Kamis (27/02/2020).

Dalam kesempatan itu Rusdi mengutarakan niatnya
yang serius maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan
2020. Kata dia, ada 4 komitmennya yakni menjadikan Kota Medan lebih nersih, aman, nyaman dan tertata baik.

“Saya hadir ke sini untuk bersilaturahim sekaligus memperkenalkan diri saya kepada Harian Sumut Pos. Saya tahu peran media, khususnya Sumut Pos begitu
penting dalam perjalanan karir saya. Terutama niat saya saat ini yang ingin maju di Pilkada untuk posisi Medan 2,” ucap Rusdi yang hadir bersama para pendukungnya dari Pedagang Bersatu (Pedas).

Diterima Pemimpin Redaksi Harian Sumut Pos, Dame Ambarita dan sejumlah staf redaksi, Rusdi menceritakan alasannya maju di Pilkada Medan. Ia mengawali
dengan bercerita tentang kiprahnya selama masih aktif mengelola PD Pasar yang menaungi 53 Pasar di Kota Medan serta membawahi 800-an pegawai PD Pasar.

"Saya dilantik di Januari 2017. PD Pasar itu sudah ada sejak tahun 1993 dan tidak pernah memberikan laba lebih dari Rp500 juta. Tetapi di tahun pertama saya jadi Dirut PD Pasar, saya memberikan Pendapatan lebih dari Rp1,4 miliar. Bahkan di tahun 2018, PD Pasar berhasil memberi Pendapatan Rp2,8 milliar. Untuk 2019 masih dihitung oleh audit,” tuturnya.

Selain menyumbang PAD, kata Rusdi, dirinya juga berhasil menyelesaikan persoalan sejumlah pasar yang ada di Kota Medan.

“Untuk menjadi Dirut, saya melewati seleksi oleh Tim Independen fit and proper test yang dibiayai oleh negara. Dari 200-an yang melamar, saya yang diloloskan tim seleksi,” katanya.

Berdasarkan pengalamannya dan rekam jejak dalam
mengelola pasar, Rusdi pun berniat untuk maju di Pilkada Medan.

Dalam bincang-bincang tersebut, Pemred Harian Sumut Pos Dame Ambarita mempertanyakan alasan Rusdi maju di Pilkada Medan sebagai Calon Wakil Wali Kota Medan.
Rusdi pun menuturkan, awalnya ia memang tidak berniat untuk maju menjadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan. Namun dorongan dari para pedagang, dan dukungan keluarga dan sahabat-sahabat semua membuatnya mulai pikir-pikir. Hingga akhirnya bersedia mendaftar untuk posisi Wakil Wali Kota Medan.

“Saya bilang ke teman-teman yang mendukung saya ini.
Saya tahu dirilah. Saya jadi wakil saja sudah cukup. Yang penting niat saya ingin membangun Kota Medan. Saat saya di PD Pasar banyak hal yang ingin saya lakukan untuk teman-teman pedagang dan masyarakat. Tapi tidak punya kekuatan untuk itu.

Makanya, apabila saya diberi amanah menjadi Wakil Wali Kota Medan saya akan bisa berbuat lebih banyak,” tuturnya.
Setelah menyatakan diri mau maju, para sahabatnya dari organisasi Pedagang Bersatu (Pedas) berkeliling mendaftarkan diri ke seluruh partai politik. Kecuali PKS yang hingga saat ini belum membuka penjaringan. NasDem menjadi satu partai yang menurutnya telah memberikan sinyal positif mendukungnya.

Lantas, siapa yang diharapkan Rusdi untuk didampinginya maju di Pilkada Medan?

“Saya sudah kantongi satu nama. Saya berharap, calon Wali Kota itu nantinya akan 'meminang’ saya sebagai wakilnya. Saya optimis akan dipinang calon tersebut. Kita
sudah punya tim yang menjalin komunikasi terkait hal itu,” jawab Rusdi.

Apakah sosok dimaksud adalah salahsatu Bakal Calon Wali Kota Medan yang masih berusia muda? Rusdi membenarkan. Rusdi berkeinginan maju di Pilkada Medan untuk mendampingi si tokoh muda, yang menurutnya belum bisa disebut nama.

“Ibarat gadis yang ingin dilamar pria yang disukainya, saya pun saat ini sedang berusaha ‘mempercantik diri’, agar layak dilamar dan dapat maju ke Pilkada Medan bersama tokoh muda itu,” ungkapnya.

Alasan lain untuk maju menjadi Wakil Wali Kota Medan, kata Rusdi, sebab dirinya juga merasa terdorong sebagai putra asli Medan yang bersuku Karo. Menurutnya, hingga saat ini belum satu pun putra suku Karo yang pernah menjadi pemimpin Kota Medan yang notebene didirikan oleh tokoh Karo, Guru Patimpus Pelawi.

“Masyarakat Karo di Kota Medan sepakat dan mendorong saya untuk maju. Jadi tidak ada lagi keraguan. Bismillah, saya siap untuk maju,” terangnya.
Lantas apa program Rusdi untuk Kota Medan, jika diusung oleh parpol untuk maju?

“Saya memiliki 4 komitmen utama. Yakni masalah-masalah yang real dihadapi warga Kota Medan saat ini. Yakni mengatasi kemacetan lalu-lintas, memperbaiki jalan yang rusak dan berlobang, mengatasi banjir,
dan mengatasi masalah sampah,” cetusnya mantap.

Ketua Rusdi Sinuraya Centre (RSC), Joni Sitepu, yang turut hadir dalam diskusi tersebut, mengatakan soal visi misi Rusdi yang ingin membuat Kota Medan bebas macet, bebas banjir, dan bebas sampah, ia yakin akan dapat sejalan dan disinergikan dengan visi dan misi calon walikota yang diharapkan melamarnya. 

Ditanya tentang peta politik Pilkada Medan, ia memprediksi kemungkinan besar akan diikuti oleh 2 paslon.

"Kita harapkan sih lebih dari dua paslon. Tetapi nampaknya bakal mengerucut ke dua paslon saja. Kita berharap, salahsatunya adalah Pak Rusdi berpasangan dengan tokoh muda yang disukainya,” katanya.

Para pendukung Rusdi yang sebagian besar para pedagang, dalam kesempatan itu angkat suara mendukung Rusdi. Mereka semua menyatakan percaya Rusdi Sinuraya mampu membawa Kota Medan ke arah yang lebih baik, karena telah melihat kinerja Rusdi saat aktif menjabat sebagai Dirut PD Pasar Kota Medan.

“Banyak perubahan yang dilakukan pak Rusdi di pasar-pasar di Kota Medan seperti Pasar Kp Lalang, Marelan, Timah Bulan, Titikuning. Kami percaya Pak Rusdi mampu membawa perubahan bagi Kota Medan,” kata Ketua
Pedas Guntur Limbong.

Dalam kesempatan itu, Rusdi
Sinuraya mengucapkan selamat kepada Harian Sumut Pos yang berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu koran terbaik di Sumatera kategori Bronze Winner
di ajang Indonesian Print Media Award (IPMA) oleh SPS Pusat.

“Saya ucapkan selamat untuk Sumut Pos. Saya yakin Sumut Pos akan semakin terdepan dan akan terus menjadi mitra dalam membangun Kota Medan,” katanya.

Pertemuan ditutup dengan
acara foto bersama. Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Pedas Hardi Chan dan sejumlah pengurus Pedas lainnya seperti Ambo, Frangky Napitupulu, Putra dan Aulia.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini