-->
    |

Akhyar Instruksikan Dinas Kesehatan Antisipasi Corona Virus


INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution menginstrksikan kepada Dinas Kesehatan Kota Medan segera melakukan antisipasi agar warga Medan tidak terjangkit Corona Virus yang kini ‘menghantui’ dunia. Selain memicu timbulnya pneumonia (peradangan akut di jaringan paru), tidak sedikit para penderitanya yang harus merenggang nyawa.

Penegasan itu disampaikan Akhyar lantaran Corona Virus, selain menyerang Kota Wuhan, China, virus mematikan itu juga kini telah memasuki sejumlah negara tetangga seperti Thailand, Hongkong, Macau, Vietnam, Singapura dan Malaysia. Di samping itu juga Corona Virus telah menyerang Australia, Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

“Saya minta Dinas Kesehatan segera lakukan langkah antisipasi, kita tidak mau warga Kota Medan terserang Corona Virus. Selain melakukan sosialisasi informasi yang benar kepada masyarakat tentang pencegahan Corona Virus, Dinas Kesehatan juga harus menyiapkan sarana dan fasilitas kesehatan. Dengan demikian jika ada warga yang terkena Corona Virus, secepatnya langsung ditangani,” kata Akhyar di Balai Kota Medan, Senin (27/01/2020).

Selain itu kata Akhyar, Dinas Kesehatan juga harus membuat surat edaran kepada jejaring fasilitas layanan kesehatan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Medan. Kemudian melakukan rapat koordinasi Dinas Kesehatan dengan lintas sektor terkait dengan kewaspadaan dini menghadapi Corona Virus.

“Saya minta masyarakat tidak panik, tingkatkan kewaspadaan, terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas. Jika mengalami gejala seperti ini, masyarakat harus segera mencari pertolongan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya,” pesannya.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengungkapkan, Kota Medan sampai saat ini bebas dan aman dari Corona Virus. Sejauh ini belum ada satu pun warga Kota Medan yang terjangkit virus yang bersumber dari hewan tersebut. Meski demikian Edwin mengimbau kepada masyarakat agar  senantiasa meningkatkan kewaspadaan akan Corona Virus.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini