|

Ada Kampung Wisata Sawah di Desa Ini, Elok Nan Permai, Datang Yuk..!


INILAHMEDAN - Deliserdang: Kampung wisata sawah ikon baru Desa Pematang Johar Kabupaten Deliserdang diresmikan. Peresmian dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Direktur keuangan umum mewakili Dirut PT KIM beserta pejabat Forkopimda lainnya.

Kampung Wisata Sawah yang akan menjadi ikon wisata baru yang elok nan permai tersebut ditandai dengan pembukaan plank desa wisata binaan PT KIM yang berada di depan lokasi lahan sawah, sekaligus penguntingan pita dan memukul gong, Senin (03/02/2020).

Kepala Desa Pematang Johar Sudarman mengatakan Kampung Wisata Sawah dibangun menggunakan Dana Desa tahun 2018, dana CSR PT KIM dan bantuan dari perguruan tinggi.

"Wisata sawah ini dibangun dengan Dana Desa tahun 2018. Dengan segala keterbatasan, saya mencoba menyurati beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara dan ternyata surat saya ditanggapi. Kita juga mendapat bantuan dana dari PT KIM," kata Sudarman.

Sudarman berharap Wisata Sawah seluas Rp1.750 hektar ini mampu meningkatkan pendapatan desa dan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

"Mulai 22 Desember 2019 sampai hari ada sekitar 47.000 pengunjung yang datang. Artinya kalau kami buat tiket masuk Rp5.000 perorang maka ada pendapatan BUMDes Pematang Johar ini Rp200 juta lebih satu bulan dan setahun Rp2 miliar lebih," katanya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan pihaknya akan mengawal kerja sama BUMN dengan BUMDes Pematang Johar serta binaan PT KIM tersebut.

"Ini sesuatu yang baru yang perlu dikembangkan pemerintah desa. Saya berharap ini awal dari kerja sama untuk kegiatan lainnya. Kita akan support pengembangan BUMDes yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengapresiasi Kepala Desa Pematang Johar yang menciptakan inovasi wisata sawah sehingga menjadikan Desa Pematang Johar desa terbaik kedua di kancah nasional.

"Ini sesuatu yang luar biasa. Kita sangat mengapresiasi kreatifitas yang dilakukan pak Kades bersama jajarannya," kata Bupati.(imc/bayu)
Komentar

Berita Terkini