-->
    |

Produk Rempah Petani Karo Ikut Pameran Rempah di TMII 17-19 April 2020

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Cory Seriwaty Br Sebayang, Asisten I Suang Karo-karo, Kadis Parawisata Munarta Ginting dan Kadis Deprindag Edison Karo-karo menghadiri Soft Launching "Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020" di Gedung PIA Kantor Kementerian Pertanian RI Jakarta.(foto: ist)

INILAHMEDAN - Jakarta: Pemerintah Kabupaten Karo diikutkan dalam acara Soft launching "Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020", Senin (27/01/2020).

Pameran yang digelar di Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) Kantor Kementerian Pertanian RI Jakarta Selatan, itu guna memperkenalkan rempah-rempah hasil pertanian dari Karo.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Cory Seriwaty Br Sebayang, Asisten I  Suang Karo-karo, Kadis Parawisata Munarta Ginting dan Kadis Deprindag Edison Karo-karo kepada wartawan, Senin (27/01/2020) saat menghadiri Soft Launching "Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020" di Gedung PIA Kantor Kementerian Pertanian RI Jakarta.

Menurut Terkelin, program Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020 salah satu kegiatan untuk mengangkat potensi hasil pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Karo oleh Kementan RI, guna mengembalikan  kejayaan rempah Indonesia. 

"Karo sungguh berpotensi sebagai penghasil rempah, ditilik latar belakang faktor kultur, geografis dan iklim-nya, tanaman ini tumbuh subur akibat kecocokan iklim dan tanahnya. Makanya masyarakat Karo masih berpeluang untuk mengembangkan dan membudidayakannya," ujar Bupati. 
      
Menurutnya, produk rempah-rempah ini perlu terus dipromosikan di tengah persaingan yang semakin ketat karena memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani khususnya di Karo. 
       
Terkelin juga menyampaikan rasa bangganya diikutsertakannya  Kabupaten Karo dalam kegitan Forum dan Pameran Rempah yang  digelar  di Sasono Utomo  TMII  (Taman Mini Indonesia Indah) pada 17-19 April 2020 dan akan jadikan momentum tersebut.

"Untuk menyambut pameran ini Pemkab Karo memastikan siap dan sudah mengajukan permohonan  stand pameran," katanya.

Sementara Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Kementan RI  Agus Wahyudi menyebutkan akan merebut kembali kejayaan rempah melalui Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020. 

"Program ini merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo yang menegaskan bahwa Indonesia salah satu negara penghasil rempah-rempah, kopi dan kakao terbesar di dunia," ujarnya.

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan  promosi rempah-rempah Indonesia di pasar Internasional di tengah persaingan yang semakin tajam sekaligus meningkatkan pembangunan industri rempah Indonesia. 
      
Adapun hasil rempah yang akan dipromosikan di antaranya jenis Kayu Manis, Kapulaga, Pala, Cengkeh, Jahe,, Kemiri, Ketumbar, Kunyit, Lada, Lengkuas, Sereh, Vanila, Temulawak, Bawang, Bangle, Kencur, Asam Jawa, Jeruk Nipis, Kecombrang, Asam Gelugur, Asam Kandis, Lempuyang, Daun Salam dan lainnya.(imc/rel/nangin).



Komentar

Berita Terkini