|

Matangkan Kampung Milenial, PD Pasar Gelar Jumat Bersih di Pasar Muara Takus


INILAHMEDAN - Medan: Pasar Muara Takus bakal disulap menjadi Kampung Milenial di Kota Medan. Ini program teranyar PD Pasar Kota Medan di bawah kepemimpinan Rusdi Sinuraya. Lewat kegiatan gotong-royong Jumat Bersih di pasar yang berlokasi di inti kota itu semakin menasbihkan kalau Rusdi Sinuraya cukup serius merealisasikannya.

Pada kegiatan Jumat Bersih di Pasar Muara Takus, Jumat (10/01/2020), gotong-gorong difokuskan membongkar kios-kios kosong yang tidak ditempati. Termasuk pengecatan deretan stand-stand.

"Ya, dari 59 kios yang tidak ditempati pedagangnya, ada 35 unit kios yang kosong. Sisanya masih ada yang menempati hanya saja tidak aktif karena kondisi standnya belum memadai. Nah, kios yang 35 unit inilah yang kita bongkar. Rencananya akan dijadikan lokasi Kampung (pasar) Milenial," kata  Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya melalui Kacab II Jalil Muhammad kepada pers di sela gotong-royong, Jumat (10/01/2020).

Menurut Jalil, gotong-royong ini melibatkan para kepala pasar dan karyawan di bawah naungan Cabang II PD Pasar Kota Medan. 

"Konsentrasi Jumat Bersih kita pada hari ini di Pasar Muara Takus. Apalagi pasar ini seperti rencana pak Dirut akan dijadikan pasar (kampung) milenial. Setelah ini kondisinya akan dibenahi," kata Jalil.

Jalil didampingi Kepala Pasar Muara Takus T Danil Bustamam mengatakan jumlah kios di Pasar Muara Takus saat ini sekitar 281 kios. Termasuk juga 20 unit ruko yang ada di pasar tersebut yang kesemuanya merupakan aset Pmko Medan.

Terkait rencana pembangunan Kampung Milenial, jelas Jalil, dijadwalkan dalam minggu-minggu ini akan dilaksanakan dialog publik di Pasar Muara Takus. Nantinya dalam dialog tersebut akan mnghadirkan instansi terkait Pemko Medan seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan.

"Sialog direncanakan tanggal 15 Jamuari 2020 depan. Keterlibatan instansi terkait dalam dialog nanti sangat penting untuk menyatukan persepsi dan pemikiran soal rencana ini (Kampung Milenial-red)," kata Jalil.

Sebelumnya Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengatakan konsep Kampung Milenial di Pasar Muara Takus akan menampung generasi milenial yang memiliki ide-ide kreatif untuk dipasarkan.

"Di sini juga nantinya akan menyajikan kuliner khas daerah dan produk-produk kerajinan UMKM binaan Dinas Perdagangan. Kita juga akan menampilkan band-band lokal untuk menyemarakkan suasana. Kampung Milenial ini rencananya buka 24 jam. Kita coba buat jadi Malioboronya Medan. Ini bisa menjadi salah satu ikon Kota Medan untuk mendatangkan wisatawan lokal, regional dan mancanegara. Sehingga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah," kata Rusdi Sinuraya.

Menurut Rusdi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan paguyuban pedagang warkop eks Elisabeth (Taman Ahmad Yani) dan komunitas pedagang Pagaruyung yang diberi ruang untuk berjualan di Kampung Milenial. Termasuk juga akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi yang banyak memiliki pelaku UMKM binaan, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Dinas Perdagangan.


"Soal rencana ini, kita (PD Pasar Kota Medan-red) juga akan berkoordinasi ke Pemko Medan selaku pemilik aset lahan dan bangunan di Pasar Muara Takus," katanya.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini