-->
    |

Kodim 0104/Atim Hadiri Konferensi II PWI


INILAHMEDAN - Langsa : Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Hasanul Arifin Siregar turut berhadir pada kegiatan Konferensi II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa di Aula Sekda, Jalan Cut Nyak Dien, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Rabu (29/01/20).

Tema yang diusung kali ini ' Membangun Profesionalisme Wartawan Mewujudkan Masyarakat Informatif di Era Dekripsi '.

" Para jurnalis seharusnya mengangkat informasi yang faktual dan dapat dipertanggung jawabkan secara Hukum," ujar Ketua PWI Langsa Bahtiar Husin.

Ia mengatakan bagi sejumlah media yang tidak mempunyai lisensi tidak mempunyai hak untuk menyebarkan informasi karena terindikasi Hoax walaupun berita yang disampaikan itu benar.

" Jika berbicara tentang hukum, penyidik tidak bisa melakukan investigasi terdahap media yang tidak mempunyai lisensi tersebut karena tidak berlandaskan hukum," sebutnya.

Oleh karena itu, kata dia, diharapkan di era disrupsi ini dapat terwujud revolusi informasi. Dimana peran media terhadap perkembangan suatu negara sangat besar dan terhadap Kamtibmas lebih besar.

Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman, wartawan itu tidak ada musuh. Wartawan itu perlu bermitra untuk mendapatkan sumber informasi. Wartawan mempunyai peran yang besar terhadap Kemerdekaan Indonesia.

" Wartawan juga sebagai alat kontrol pemerintahan yang bisa memberikan kritik terhadap setiap kebijaksanaan yang menyangkut kemaslahatan masyarakat banyak," ucapnya.

Maka wartawan perlu mendapat pelatihan dan pendidikan jurnalis agar profesional dalam mengangkat berita yang faktual sesuai dari narasumber.

" Tentunya atas dukungan Pemerintahan Daerah/Kota sebagai mitra wartawan," jelasnya.

Pada tahun ini rencana akan diadakan penertiban media agar terverifikasi minimal secara administratif sebagai alat kendali penyebaran informasi yang berpotensi Hoaxs.

Walikota Langsa melalui Setda Syahrul Thaib, selamat kepada seluruh pengurus PWI. " Semoga dalam konferensi II PWI ini dapat mewujudkan dan membangun profesionalisme wartawan," katanya.

Peran pers dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, jika salah informasi kepada masyarakat dapat menimbulkan kegaduhan.

Untuk itu tugas dan kewajiban jurnalistik adalah mengaplikasikan diri dengan kesejahteraan umum dengan memberikan informasi yang benar.

" Pers sebagai alat kontrol sosial yang dapat memberikan masukan berita kepada Pemerintah untuk kemajuan Kota Langsa," urainya.

Selain itu, PWI Kota Langsa harus melakukan pelatihan agar memberikan wawasan dan pengalaman pada wartawan di Kota Langsa untuk  menjadi profesional dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Konferensi II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan keterbukaan informasi publik dan kemitraan yang diberikan kepada Unsur Forkopimda Kota Langsa dan Mitra Setia.

Turut hadir Unsur Forkopimda,  Danki Brimob Subden 2 B Pelopor Aramiah Iptu Yozana Fajri Sidik, Wakil Ketua I DPRK Saifullah.

Wakil Ketua II DPRK Joni, Ketua Divisi data dan informasi KIP Aceh Agusni, Ketua KNPI Mukhtar, jajaran PWI dan para tamu undangan. (*/joy)
Komentar

Berita Terkini