-->
    |

Kodam I/BB Lepas Prajurit Bertugas Di Dalam Dan Luar Negeri


INILAHMEDAN - Medan : Kodam I/Bukit Barisan melepas prajurit terbaik untuk melaksanakan tugas operasi di dalam maupun di luar negeri, Senin (20/01/20).

Acara digelar di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan dipimpin Pangdam I/BB, Mayjen MS Fadhilah yang diwakili Kasdam, Brigjen Untung Budiharto.

Prajurit Kodam yang diberangkatkan itu sebagai Satgas Penebalan Aparat Teritorial di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

Kemudian sebagai Satgas Gadik/Gapendik Gelombang II Rindam XVIII/Kasuari dan Satgas TNI Konga XX-Q/Monusco Denzipur 2/PS. 

Kasdam mengatakan sebagai prajurit Sapta Marga, penugasan dalam bentuk apapun yang diberikan oleh Negara merupakan kehormatan dan kebanggaan. Begitu juga dengan penugasan personel dalam rangka Penebalan Aparat Teritorial ke wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/ Kasuari.

"Pemberangkatan Satgas ini adalah untuk membantu proses pengembangan dan pembangunan Kodim baru di dua Kotama itu," ujarnya.

Dijelaskan, dengan keterbatasan jumlah personel dari kedua Kodam dan untuk pengembangan satuan baru setingkat Kodim,.

Maka Komando Atas dalam hal ini Mabes TNI AD memandang perlu untuk membentuk Satgas yang berisikan para personel terpilih dan terbaik dari Kodam-Kodam seluruh Indonesia, termasuk dari Kodam I/Bukit Barisan.

"Sejalan dengan itu, kita juga memberangkatkan Satgas Tenaga Pendidik (Gadik) dan Tenaga Kependidikan (Gapendik) Gelombang II guna mendukung proses belajar mengajar di Rindam XVIII/Kasuari. Oleh karenanya, saya berharap kalian dapat melaksanakan tugas ini dengan dilandasi semangat pengabdian, profesional, dedikasi, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab," tegasnya.

Di samping itu, diingatkan para personel untuk membekali diri tentang pengetahuan Binter dan 5 Kemampuan Teritorial.  Yakni temu cepat, lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial serta metode binter.

" Perlu dipahami bahwa tugas kalian adalah memberikan pengajaran, pelajaran dan pelatihan untuk menyiapkan investasi jangka panjang, yakni generasi penerus TNI AD yang harus memiliki kreativitas dan inovasi yang unggul untuk bangsa dan negara Indonesia," urainya.

Di kesempatan sama, Kodam I/BB juga memberangkatkan 20 personel Denzipur 2/PS tergabung dalam Satgas Konga XX-Q/Monusco Kongo.

" Perlu saya sampaikan bahwa penugasan ini adalah tugas mulia yang diberikan kepada TNI oleh dunia internasional," sebutnya.

Turut hadir antara lain Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam, Asrendam I/BB, Danrindam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, LO TNI AL dan AU, para Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS dan para Dansat BS Wilayah Medan. (joy)


Komentar

Berita Terkini