|

Kapolres Siapkan Tanggap Darurat Bencana


INILAHMEDAN - Sergai : Kapolres Serdangbedagai (Sergai) AKBP Robin Simatupang memimpin kegiatan apel kesiapan antisipasi bencana alam bersama instansi terkait di Halaman Mako Polres Sergai, Seirampah, Rabu (15/01/20).

Kapolres menyampaikan tujuan pelaksanaan apel untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiapsiagaan penanggulan bencana alam, khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai.

" Apabila terjadi bencana, kita sudah mempersiapkan penanganannya sedini mungkin. Mulai dari pelibatan personil sampai penggelaran sarana dan prasarana," ujarnya.

Ia mengatakan penyelenggaraan bencana ada 3 tahap antara lain, perencanaan dalam situasi tidak terjadinya bencana dan dalam situasi terdapat potensi bencana dengan cara melaksanakan kesiapsiagaan peringatan dini dan mitigasi bencana.

" Tanggap darurat penyelengaraan penanggulangan bencana saat tanggap darurat," katanya.

Pasca bencana penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi.

" Kategori bencana dan keadaan darurat bencana yaitu peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan menganggu kehidupan masyarakat yang mengakibatkan timbul korban jiwa, kerugian harta benda dan kerusakan lingkungan yang memerlukan penanganan tindakan segera," jelasnya.

Ia berharap agar siap nantinya dalam antisipasi penanganan dampak dari bencana.

Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto didampingi Kabid Pengcegahan dan Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana Daerah Hj Mira Montana mengatakan penyelenggaraan penanganan bencana alam ada tiga bagian.

Yaitu, Kesiapan sebelum terjadi bencana alam, Penanganan saat terjadi bencana alam dan Penanganan setelah terjadinya bencana.
" Untuk wilayah Kabupaten Serdang Bedagai ada dua kemungkinan terjadi bencana alam terdiri Angin Puting Beliung dan Banjir," kata Henri Suharto.

Menurutnya, kita harus hadir ditengah masyarakat dalam kejadian bencana alam dan harus mampu mengembalikan traumatik para korban bencana sebagai bukti kesiapan kita dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai.

Turut hadir dalam kegiatan, Dandim 0204/ DS Letkol Syamsul Arifin, Sekda HM Faisal Hasrimy, Ketua MUI H Hasbul Panjaitan, Ketua FKUB Irfan Elfuadi Lubis dan para Kadis OPD Sergai, PMI, Barisan Personil, Para PJU Polres, Personil Polres, Personil Kodim 0204/DS, Senkom Mitra Polri, Karang Taruna dan Pramuka. (joy)
Komentar

Berita Terkini