-->
    |

DPRD Minta Dinkes dan Imigrasi Dirikan Posko di Bandara dan Pelabuhan

Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat meminta Dinas Kesehatan Kota Medan dan kantor Imigrasi membentuk tim terkait virus corona. Tim yang dibentuk ditempatkan di bandara dan pelabuhan sehingga para turis mancanegara khususnya dari Wuhan China dapat terdektesi jika terjangkit virus membahayakan tersebut.

“Kita mau bentuk posko-posko terutama di bandara dan pelabuhan yang merupakan pintu masuk turis-turis mancanegara terutama dari Wuhan China,” kata Edward Hutabarat, Senin (27/01/2020).

Menurutnya, penyebaran virus tersebut sangat cepat. Apalagi vaksin untuk mengantisipasi virus itu belum ada. “Maka dari itu, pihak Dinkes dan Imigrasi harus benar-benar kerja ekstra keras supaya virus tidak masuk Kota Medan,” katanya.

Kata Edward, ada lima langkah pencegahan virus corona menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Pertama, meningkatkan perilaku dan pengetahuan masyarakat dan tetap tenang serta tidak panik dalam menghadapi penyebaran wabah virus korona.

Kedua, menerapkan pola hidup sehat dan bersih seperti kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik lalu bilas, menerapkan etika batuk dan bersin yang baik dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan baju sehingga tidak menularkan ke orang lain, makan makanan bergizi seimbang, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, melakukan olahraga minimal setengah jam setiap hari, cukup istirahat dan segera berobat jika sakit.

Ketiga, meningkatkan kewaspadaan bagi masyarakat yang ingin pergi ke Tiongkok. Keempat, meningkatkan penjagaan pintu masuk negara untuk mencegak masuknya virus yang dibawa para turis terutama dari Wuhan China. Kelima, memperbanyak pelayanan kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini