|

Distributor Jangan Manfaatkan Hari Besar Keagamaan Naikkan Harga


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta para distributor bahan kebutuhan pokok di Sumut tidak memanfaatkan perayaan hari besar keagamaan seperti Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk menaikkan harga.

Hal ini disampaikan Edy Rahmayadi pada Rapat Koordinasi dan Identifikasi Harga Bahan Pokok Menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Hotel Emerald Garden, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (04/12/2019).

Distributor bahan kebutuhan pokok, menurut Edy, memiliki peran besar dalam mempengaruhi harga di pasaran, selain biaya pendistribusian.

“Saya berharap kepada para distributor yang hadir tidak memanfaatkan momen Natal dan Tahun baru untuk menaikkan harga, apalagi sampai menimbun. Saya mengerti ini momen peluang bisnis besar, tetapi dengarkanlah hati nurani, sampai kapan kita terus begini, kasihan masyarakat kita,” kata Edy.

Menurut Edy, untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok yang paling penting untuk dipantau adalah harga di hilir. Karena komoditi ini akan berakhir di konsumen. Ketika harga jauh dari jangkau masyarakat maka inflasi akan meningkat.

“Kita sering menilai harga dari hulunya, padahal yang paling bergejolak itu ada di hilir. Kita harus melihat harga bahan pokok ini ketika dibeli ibu rumah tangga. Ketika harga itu terlalu tinggi bagi konsumen maka komoditi ini akan mengakibatkan inflasi, itu buruk bagi perekonomian kita,” katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini