|

Tinjau Kesiapan PON 2020, Mendagri: Hati-hati Gunakan APBD


INILAHMEDAN - Papua: Menteri Dalam Negeri HM Tito Karnavian direncanakan meninjau kesiapan Papua sebagai tuan rumah dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2020.

" Ini kan mau ada PON di Timika nanti tahun 2020, jadi saya datang, tadi saya sudah bilang kepada pak bupati, saya mau lihat venue-venue PON sejauh mana," katanya di Mimika Jumat (29/11/2019).

Dari hasil tinjauan, kesiapan setiap venue dan keseluruhan persiapan akan dievaluasi di tingkat pusat.

 "Ada 12 cabang olahraga nanti, saya akan melihat lokasinya, buat nanti kita evaluasi di Jakarta, di tingkat pusat laporannya kira-kira sama tidak nanti di lapangan," sebutnya. 

Direncanakan PON 2020 Papua akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang. Ada tiga kota/kabupaten yang akan menyelenggarakan pesta olahraga terbesar se-Indonesia itu.

Yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke sebagai penyangga.

Pada kesempatan itu Mendagri menyampaikan kepada Pemerintah Papua untuk menggunakan APBD dengan hati hati.

" Saya berharap pemerintah provinsi Papua membangun komunikasi yang baik dengan Kabupaten/Kotanya untuk mengelola secara hati-hati APBD yang jumlahnya mencapai 15 T," imbuhnya.

Ia menambahkan, Kemendagri memiliki tugas untuk mereview rancangan APBD yang diajukan daerah. " APBD nantinya akan direview oleh Kemendagri supaya betul - betul anggaran menyentuh rakyat," terangnya.

Diungkapkan pula saat ini banyak ditemui anggaran yang malah dominan digunakan untuk aparatur. " Kami mau yakinkan, sehingga dominasi anggaran bukan untuk aparatur, tapi untuk kesejahteraan rakyat," tegasnya.

Ia berharap dengan kunjungan ke pemerintah Kabupaten Mimika itu mampu menegaskan komitmen pemerintah dalam hal efektifitas perencanaan anggaran.

" Pemerintah fokus dalam mengoptimalkan anggaran, semoga masyarakat semakin sejahtera selaras dengan pencapaian program Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf Amin," tukasnya. (rel/zoy)

Komentar

Berita Terkini