|

Gubernur Teken SK, Besok Pimpinan DPRD Medan Dilantik

Ketua DPRD Medan Hasyim 


INILAHMEDAN - Medan: Setelah menunggu sebulan lebih, akhirnya pimpinan DPRD Medan akan dilantik. Ketua sementara DPRD Medan Hasyim , Rabu (06/11/2019) mengatakan pelantikan akan dilaksanakan besok, Jumat (08/11/2019), lewat sidang paripurna pengambilan sumpah/janji pimpinan dewan masa jabatan 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Negeri Medan.

Kepastian pelantikan dikatakan Hasyim setelah pihak Pemprov Sumut melalui Biro Otonomi Daerah (Otda) mengatakan bahwa SK Gubernur Sumut sudah ditandatangani.

“Kami sudah menjadwalkan paripurna pengambilan sumpah/janji pimpinan dewan definitif, besok," kata Hasyim.

Hal senada dikatakan calon Wakil Ketua DPRD Medan H Rajudin Sagala bahwa pelantikan pimpinan dewan dilaksanakan besok. Keterlambatan SK Gubernur Sumut, menurut politisi PKS ini, karena ada keterlambatan surat dari PKS dan Gerindra tentang SK dari DPP partai masing-masing siapa yang diutus menjadi pimpinan DPRD Medan.

“Bagi PKS rekomendasi tidak harus dari DPP, cukup DPW sudah boleh bagi partai kami. Tapi amanah Kemendagri SK harus dari DPP, kemudian ada pengantar dari DPC maka kami mengubahnya. Sedangkan Gerindra keterlambatannya dari DPC. Tapi semua sudah selesai,” terang Rajudin.

Hasyim mengatakan, setelah pimpinan definitif dilantik, mereka akan konsultasi ke Kemendagri untuk merampungkan tata tertib (tatib) dewan. Kemudian tatib tersebut harus di eksaminasi (diuji) oleh Pemrovsu barulah tatib diparipurnakan.

“Kemungkinan paripurna tatib dilaksanakan dua pekan mendatang, di hari yang sama alat kelengkapan dewan (AKD) juga diparipurnakan, setelah itu barulah Anggota DPRD Medan bisa bekerja sesuai tupoksinya,” katanya.(imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini