|

F-PDIP Pertanyakan Gubernur Alasan Belum Teken SK Pimpinan DPRD Medan

Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan Robi Barus

INILAHMEDAN - Medan: Fraksi PDIP DPRD Medan mempertanyakan alasan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi belum juga menandatangani SK definitif pimpinan dewan sehingga belum bisa dilakukan pengambilan sumpah/janji lewat paripurna istimewa.

“Kami dilantik 16 September. Sudah hampir 2 bulan pimpinan definitif belum dilantik. Padahal semua persyaratan sudah dipenuhi seperti surat rekomendasi dari pimpinan partai. Kalau masih ada yang belum kami penuhi, Gubernur terus terang saja biar kami penuhi,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan Roby Barus kepada wartawan, Senin (04/11/2019).

Menurut Roby, pekerjaan di DPRD Medan saat ini sudah menumpuk. Begitu juga dengan pengaduan masyarakat. Semua itu harus ditampung melalui rapat dengar pendapat dan kunjungan kerja oleh dewan yang duduk di alat kelengkapan dewan. Sementara alat kelengkapan dewan baru boleh terbentuk setelah pimpinan dewan defenitif dilantik.

Apalagi, kata dia, Kota Medan sedang dalam pembicaraan nasional pasca kasus hukum yang menimpa Wali Kota Dzulmi Eldin. Pengawasan terhadap aparatur pemko dan penggunaan APBD harus dikawal dewan yang baru dilantik. Fungsi dewan sebagai wakil rakyat setelah dipilih lewat pileg harus segera dirasakan masyarakat.

“Tapi pekerjaan kami terhambat karena Gubernur belum meneken SK pimpinan dewan defenitif. Padahal masing-masing parpol sudah merekomendasi lewat surat siapa kader mereka yang duduk sebagai pimpinan dewan. Kami heran kenapa begitu lambat diteken," ungkapnya.

Sementara Ketua sementara DPRD Medan Hasyim mengatakan kemungkinan pelantikan pimpinan dewan dilakukan, Jumat (08/11/2019). Karena, pada rapat pimpinan sementara dan calon pimpinan dewan, Senin (04/11/2019), Wakil Ketua DPRD Medan sementara Ihwan Ritonga menelepon gubernur dan mengatakan Jumat dilakukan pelantikan.

“Kami dengar sendiri pak Ihwan Ritonga menspeakerkan ponselnya ketika menelepon Gubernur Edy Rahmayadi. Pimpinan sementara dan calon pimpinan beserta ketua-ketua fraksi akan mengadakan rapat membahas penjadwalan pelantikan pimpinan DPRD Medan,” terang Hasyim.

Namun politisi PDIP ini tidak berani memastikan apakah pelantikan pimpinan dewan dilaksanakan Jumat.

Sumber dari Kabiro Humas Pemprov Sumut, Hendra, saat ini Gubernur Edy Rahmayadi sedang berada di Jakarta dan Wagub Sumut sedang berada di Eropa.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini