|

Puskesmas Bisa Langsung Rujuk Pasien ke RS Pirngadi


INILAHMEDAN - Medan: Puskesmas sudah bisa merujuk langsung pasien ke RS Pirngadi. Sebelumnya, BPJS Kesehatan memberlakukan rujukan berjenjang di mana setiap pasien dari Puskesmas maka harus dirujuk ke RS type C baru ke RS Type B seperti RS Pirngadi.

"Ada kecenderungan dari BPJS Kesehatan bahwa rujukan berjenjang dari Puskesmas harus ke type C dulu baru ke RS type B. Tapi sekarang kita sudah minta BPJS agar khusus RS pemerintah, RS pendidikan, boleh langsung dari Puskesmas ke RS Pirngadi yang type B. Ini sudah berlangsung, jadi tinggal sosialisasi ke masyarakat," kata Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman saat ditanyakan adanya penurunan jumlah kunjungan pasien ke RS Pirngadi karena aturan rujukan berjenjang, Rabu (09/10/2019) usai penerimaan sertifikat paripurna kepada RSUD dr Pirngadi Medan.

Dengan begitu, Wiriya berharap kunjungan pasien ke RS milik Pemko Medan kembali meningkat.

"Tadi, kita dapatkan akreditasi paripurma. Harapan kita, bangkitkan kepercayaan masyarakat. Manajemen RS Pirngadi juga diharapkan bisa menunjukkan rumah sakit ini terbaik," tegas Wiriya.

Disinggung mengenai bagaimana kalau Puskesmas masih mengikuti aturan rujukan berjenjang, Wiriya mengatakan pihaknya sudah mengadakan rapat berulang kali dan Kadis Kesehatan sudah menyampaikan ke Puskesmas bahwa bila pasien mau dirujuk ke RS Pirngadi boleh langsung dirujuk.

"Tapi ini tergantung pasiennya kalau dia ikut BPJS, dia boleh pilih.  Sudah disosialisasikan, pasien yang mau dirujuk boleh pilih. Jadi, secara aturan sudah bisa diatasi," uajrnya.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengatakan pihaknya sudah menyosialisasikannya ke Puskesmas.

Ditanya bagaimana kalau ada pasien minta dirujuk ke RS Pirngadi tetapi Puskesmas tidak merujuk dan malah merujuknya ke RS swasta dengan alasan rujukan berjenjang, Edwin menegaskan agar langsung melaporkan kepadanya.

"Lapor sama saya langsung, biar saya turun ke Puskesmasnya. Saya akan cek langsung," tegas Edwin.

Direktur RSUD dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan mengakui terjadinya penurunan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit milik Pemko Medan ini. Dia beralasan penurunan jumlah kunjungan pasien karena adanya sistem rujukan berjenjang.

"Sekarang (jumlah kunjungan pasien) sejak adanya aturan itu sudah mulai mengalami peningkatan," tandasnya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini