|

BI Gelar Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumatera Utara


INILAHMEDAN - Medan: Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kabupaten/kota se-Sumatera Utara, perbankan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan “Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumatera 
Utara” pada 9 September 2019 di Grand Ballroom, Hotel Adimulia Medan, kemarin.

Forum Sistem Pembayaran merupakan sebuah wadah komunikasi, koordinasi dan sinergi seluruh stakeholder ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara yang bertujuan untuk mempercepat implementasi ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara secara merata. Ini demi mendukung pertumbuhan ekonomi yan kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan di tengah tantangan ketidakpastian 
global yang ada. 

“Forum ini memiliki tiga pilar yaitu Community atau penguatan jejaring dan koordinasi berbasis 
komunitas database atau sharing data non confidential sehingga perencanaan perluasan elektronifikasi dapat terukur dan sesuai sasaran. Kemudian research atau integrase kajian tentang isu-isu terkini di bidang sistem pembayaran baik yang dilakukan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan stakeholders 
lainnya,” ujar Andi dalam paparannya.

Setelah pelaksanaan kick off tersebut, kegiatan Forum SP akan dilanjutkan dengan pembahasan rinci setiap topik dalam forum baik topik Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Bansos Non Tunai pada Oktober 2019. Serta topik elektronifikasi transaksi sektor ritel, transportasi dan pariwisata pada November 2019. 

Melalui forum tersebut, kata dia, Bank Indonesia berharap dapat berkolaborasi bersama
menyusun program kerja lebih rinci, mekanisme koordinasi & monitoring, ketersediaan leraturan daerah serta menerapkan pilot project maupun replikasi program kerja untuk meningkatkan digital payment di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Asisten Pembangunan Pemprov Sumut mewakili Gubernur Sumatera Utara, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia selaku penyelenggara kegiatan serta penggagas lahirnya Forum Sistem Pembayaran ini. Dia berharap seluruh stakeholders mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam menghadapi era ekonomi digital ini guna mendorong perekonomian Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Seminar Ekonomi dan Keuangan Digital dengan
narasumber Lis Sutjiati (Staf Khusus Kementrian Komunikasi dan Informatika), Teuku Parvinanda Andri (VP Head of Regional Affairs GOJEK), Bima Laga (AVP Public Policy Bukalapak) serta Waasi Sumitardja (VP Digital Banking Product Head) yang membahas secara terperinci arah kebijakan pembangunan ekonomi dan keuangan digital yang dicanangkan pemerintah pusat serta kolaborasi & kontribusi masing-masing pemain ekonomi digital baik dari fintech, perbankan, e-commerce dan online transportation/delivery.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 325 orang yang terdiri dari pimpinan OPD khususnya BPKAD, BPPRD, Disperindag, Dishub, Perbankan, akademisi, pelaku fintech, start up, asosiasi serta stakeholders ekonomi digital lainnya (ASDP, BUJT, Angkasa Pura II, Pelindo 1, dsb). (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini