|

Satgas Karhutla - PT PJB UBJOM PLTU Lakukan Penghijauan


INILAHMEDAN - Riau: Program Satgas Karhutla Korem 031/WB bersama PT PJB UBJOM PLTU Tenayan Raya menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan karhutla  melalui penghijauan kembali dengan penanaman bibit pohon, pemberian bantuan bibit ikan dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar, Rabu (14/08/2019).  

Kegiatan dihadiri Komandan Korem (Danrem) 031/WB Brigjen TNI M Fadjar diwakili Kasi Ops Korem 031/WB Kolonel Patar Sitorus, GM PT PJB UBJOM PLTU Tenayan Raya Agus Prasetyo Utomo, Dandim 0301/Pbr Letkol Andri Sulistyawan, Sekretaris Camat Tenayan Raya A Benazier, Danramil 05/Sail Kapt Sugeng Santoso, para Pasi Kodim, Para Danramil se Kodim, para Lurah se Kecamatan Tenayan Raya dan undangan lainnya. 

Agus Prasetyo Utomo mengatakan akan selalu mendukung program yang dikonsep Korem 031/WB maupun pemerintah dalam mencegah serta menanggulangi bencana karhutla di Provinsi Riau. 

"Ini upaya kita dalam mengajak masyarakat agar melestarikan lingkungan melalui pengelolaan lahan dengan benar sehingga bermanfaat bagi masyarakat tanpa merugikan pihak mana pun," ujar Agus. 

Ia menjelaskan, kegiatan pemberdayaan ribuan jenis bibit ikan serta penanaman pohon dilakukan secara bertahap bertujuan untuk mengingatkan kembali penting lingkungan yang bersih dan asri menuju masyarakat sejahtera. 

"Ide dan inisiatif ini terlebih dahulu kita berkoordinasi dengan pihak Koramil 05/Sail mengingat di wilayah tempat perusahaan kami berada banyak lahan yang tidak berfungsi (lahan tidur-red). Maka kami sepakat dengan jajaran koramil akan melakukan sosialisasi tentang dampak bahaya karhutla bagi kesehatan," paparnya. 

Kata Agus, melalui pembinaan pelestarian lingkungan kepada masyarakat yaitu penanaman pohon dan pembenihan bibit ikan, dapat memberikan manfaat kesehatan ke depannya. 

Kasi Ops Korem 031/WB Kolonel Patar Sitorus, Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) saat kunjungan ke Riau mengatakan pencegahan menjadi prioritas utama sebelum terjadinya karhutla yang merugikan kesehatan masyarakat hingga perekonomian negara. 

"Salah satunya upaya pencegahan yaitu mengubah mindset (pola pikir) masyarakat ke arah pelestarian lingkungan yang kita lakukan bersama PT PJB UBJOM PLTU saat ini." ujarnya. 

Untuk mewujudkan itu, menurutnya, Korem 031/WB akan bekerja sama dengan pemerintah dan instansi perusahaan berupaya menyosialisasikan dampak bahaya karhutla kepada masyarakat di Provinsi Riau khususnya wilayah rawan bencana di lahan-lahan gambut. (rel/zoy) 
Komentar

Berita Terkini