|

Kepala Pasar Kampung Lalang Pimpin Program 'Bersih-bersih Pasar

Kepala Pasar Kampung Lalang Eddy Suranta Sembiring mempinpin langsung program 'Bersih-bersih Pasar' yang dicanangkan PD Pasar Medan, Jumat (09/08/2019). (foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Kepala Pasar Kampung Lalang Eddy Suranta Sembiring memimpin langsung kegiatan gotong-royong 'Bersih-bersih Pasar', Jumat (09/08/2019). Gotong-royong yang  dilaksanakan di lingkungan Pasar Kampung Lalang dimulai pukul 08.00 WIB.

Eddy Suranta Sembiring mengatakan kegiatan gotong-royong 'Bersih-bersih Pasar' ini merupakan program rutin PD Pasar untuk menciptakan kondisi pasar di Kota Medan, khususnya Pasar Kampung Lalang, sebagai tempat yang nyaman dalam transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli.
Program 'Bersih-bersih Sampah' di Pasar Kampung Lalang melibatkan pedagang, pihak kecamatan dan organisasi AMPI Kelurahan Lalang dan Pengamanan Pasar. (foto: ist)

"Jika pasar bersih, masyarakat yang berkunjung ke Pasar Kampung Lalang merasa nyaman. Tentu saja ini berdampak kepada para pedagang dari sisi peningkatan penjualan," kata Eddy Suranta Sembiring saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan itu, Jumat (09/08/2019).

Menurut Eddy, program 'Bersih-bersih Pasar' ini selain melibatkan pedagang itu sendiri, juga dibantu pihak Kecamatan Medan Sunggal dan Medan Helvetia beserta pihak ketiga seperti AMPI Kelurahan Lalang dan pengamanan Pasar Kampung Lalang.

"Kegiatan yang kita lakukan berupa pengorekan drainase di lingkungan Pasar Kampung Lalang dan di drainase di Jalan Klambir (depan Pasar Kampung Lalang) serta membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan mengangkutnya menggunakan truk milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Kita juga memastikan bahwa kamar mandi yang disediakan buat pedagang dan pembeli terjaga kebersihannya," katanya.
Ketua AMPI Kelurahan Lalang Hartoyo turun langsung dalam program 'Bersih-bersih Pasar' di Pasar Kampung Lalang. (foto: ist)

Sementara Ketua AMPI Kelurahan Lalang Hartoyo menambahkan pihaknya sangat mengapresiasi program 'Bersih-bersih Sampah' yang dicanangkan PD Pasar Medan.

"Kita juga mengerahkan kader-kader AMPI Kelurahan Lalang turut serta membantu gotong-royong ini," kata Hartoyo.

Sebelumnya, Direktur Utama PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya mengatakan program 'Bersih-bersih Sampah' ini sudah menjadi program tahunan. Program ini, kata dia, untuk menciptakan kondisi pasar tradisional yang nyaman dan layak untuk dikunjungi.

"Program Bersih-bersih Pasar ini untuk mewujudkan 'Pasar Adalah Rumah Pedagang dan Milik Kita Bersama'," kata Rusdi Sinuraya.

Menurut Rusdi, program 'Bersih-bersih Pasar' ini serentak dilakukan di seluruh pasar di Medan yang sudah permanen dan yang dikelola PD Pasar.

"Program ini juga kita pertandingkan. Kita juga menyiapkan tim penilai. Tujuan program ini sebenarnya untuk memicu kepala pasar-kepala pasar agar pasar yang dipimpinnya terlihat nyaman untuk dikunjungi," demikian Rusdi. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini