|

Ihwan: Museum Al Washliyah di Jalan Hindu Perlu Dilestarikan


INILAHMEDAN - Medan: Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga mengaku prihatin atas keberadaan Museum Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah I di Jalan Hindu Lingkungan II, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat.

"Kita meminta Pemko Medan untuk lebih peduli melestarikan Museum Al Washliyah yang berada persis di belakang Mesjid Bengkok. Bangunan ini pantas menjadi situs sejarah perkembangan peradaban Islam di Sumatera Utara,” kata Ihwan Ritonga saat meninjau bangunan museum itu, Jumat (02/08/2019).

Ihwan berharap Pemko Medan dapat mengalokasikan dana rehab bangunan museum di APBD 2020. Adapun dasar hukum untuk mengalokasikan anggaran di APBD, kata dia, karena sudah memiliki payung hukum yakni Perda Kota Medan No 2 tahun 2012 tentang pelestarian bangunan cagar budaya.

Pada BAB II Pasal 2 di perda itu, disebutkan perlu mempertahankan keaslian bangunan dan lingkungan cagar budaya yang mengandung nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

"Pemko perlu juga melakukan inventarisasi terhadap bangunan dan lingkungan cagar budaya. Melakukan pendataan dan pendaftaran terhadap bangunan cagar budaya. Melakukan pengawasan terhadap pengelolaan serta pelaksanaan pemugaran bangunan cagar budaya," katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini