|

Bupati Dairi Launching 4 Bus Sekolah Gratis


INILAHMEDAN - Sidikalang: Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melaunching bus sekolah gratis di Lae Pinang, Kecamatan Sidikalang, Sabtu (03/08/2019).

Launching bus sekolah gratis dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan, asisten dan staf ahli Bupati, anggota DPRD Dairi Markus Purba, pimpinan OPD, Camat Sidikalang Agel Siregar dan para Kepala Desa, Ketua Organda Dairi serta Tokoh Masyarakat Desa Bintang.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Program Bus Sekolah Gratis telah dimulai sejak 17 Juli 2019 lalu di mana Pemkab Dairi melalui Dinas Perhubungan masih melayani 1 rute, Desa Lae Pinang – Sidikalang.

Selama 15 hari bus gratis melayani siswa/i sebanyak kurang lebih 3.346 siswa dengan hitungan 223 orang setiap hari.

“Ke depan pengembangan dan penyesuaiannya akan kita lakukan dengan memperhatikan kondisi lapangan dan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bupati.

Buapti menjelaskan, program Bus Sekolah Gratis ini untuk membantu masyarakat dan juga untuk mengurangi pengggunaan kendaraan pribadi bagi pelajar.

"Maka pemerintah membuat kebijakan baru menyediakan bus angkutan gratis bagi siswa/i di jalur tertentu di Sidikalang," katanya.

Bupati mengatakan fasilitas bus gratis diperuntukkan untuk jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum sehingga anak-anak sekolah menemui banyak kesulitan dari rumah menuju sekolah.

"Ada 4 bus yang kita sediakan dalam launching ini. Ini masih uji coba. Kita terus melakukan review mencari cara yang paling efektif untuk bisa melayani,” ujar Bupati.

“Uji coba ini akan kita lakukan dalam waktu 2-3 bulan,” sambungnya.

Sebelum launching Bus Sekolah Gratis, Bupati Dairi terlebih dahulu menyapa langsung para pelajar yang sudah menunggu di dalam bus untuk diberangkatkan.

Para pelajar cukup antusias saat Bupati menyapa. Kepada pelajar, Bupati berpesan agar sungguh-sungguh belajar untuk mengejar cita-cita dan meraih masa depan yang gemilang.(imv/amsar)

Komentar

Berita Terkini