|

Pohon Tumbang di Sekip Karena Dibakar, Husni Ajak Warga Jaga Pohon

Kadis DKP Medan HM Husni

INILAHMEDAN - Medan: Musibah pohon tumbang di Jalan Sekip, Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan 
Petisah, Selasa (23/07/2019) lalu karena bagian batang tinggal separo akibat dibakar.

Bekas pembakaran pada batang pohon terlihat jelas, setelah kru media ini melihat langsung kondisi tunggul bekas pohon. Tunggul  terlihat menghitam sudah seperti arang. Dugaan kuat, warga sering membakar sampah di bawah pohon sehingga api sedikit 
demi sedikit membakar batang pohon. Saat dilakukan pengecekan 
juga terlihat tumpukan sampah di bawah pohon.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan HM Husni yang dikonfirmasi terkait bekas terbakar membenarkannya. 

"Tidak seharusnya warga membakar sampah dekat  pohon karena apinya bisa merambat membakar pohon," kata Husni, Kamis (25/07/2019).

Husni juga berharap, meski warga tidak bisa merawat, tapi paling tidak 
ikut menjaga pohon-pohon yang berada di pinggir jalan. Selama ini diakui Husni, banyak pihak yang tanpa sadar ikut merusak pohon-pohon di pinggir jalan Kota Medan.

Seperti menempel spanduk dan poster dengan cara memakunya ke batang pohon. Padahal, pihaknya sudah melakukan peringatan dan pernah membersihkan segala macam spanduk maupun poster yang tertempel di pohon.

"Tanpa sadar tindakan itu sudah merusak struktur pohon. Paku-paku yang tertancap di batang pohon bisa merusak dan membuat batang pohon membusuk dan lama kelamaan bisa tumbang. Saya mengharapkan warga tidak lagi melakukan tindakan yang dapat merusak pohon. Mari sama-sama kita jaga pohon yang telah memberikan kita udara bersih dan kesejukan. Pohon merupakan salah satu sumber kehidupan, merusak pohon berarti merusak kehidupan kita sendiri," ujarnya.

Husni juga mengimbau kepada masyarakat, bila melihat batang pohon yang rusak dan sudah lapuk untuk melaporkannya ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Sehingga pihaknya bisa mengambil tindakan sebelum bencana kembali terjadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, angin kencang menumbangkan pohon yang berada di Jalan Sekip, Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (23/97/2019). Pohon tersebut tumbang dan menimpa tiga unit mobil yang sedang paekir di pinggir jalan tersebut. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini