|

F-PKS Ingatkan Pemko Soal Pohon dan Bilboard Rentan Tumbang

Anggota DPRD Medan Jumadi

INILAHMEDAN - Medan: Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Medan mengingatkan kembali Pemko Medan untuk mengambil langkah cepat dalam mengantisipasi terjadinya pohon tumbang mengingat perubahan cuaca yang terkadang sulit diprediksi.

"Belakangan ini perubahan cuaca tak tentu-tentu. Disaat cuaca cerah, bisa saja tiba-tiba hujan turun dengan lebat disertai angin kencang," kata juru bicara F-PKS, Jumadi, saat menyampaikan pendapat fraksinya terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018, Senin (22/07/2019).

Sebagaimana diketahui, tren pohon tumbang hampir saban tahun terjadi di sejumlah kawasan di Kota Medan. Pada pekan lalu, terjadi pohon tumbang di kawasan Jalan Imam Bonjol Medan simpang Jalan Sudirman yang mengakibatkan seorang pengendara sepeda motor tertimpa. Pengendara itu kondisinya sempat kritis dan ditangani intensif di RS Elisabeth.

Fraksi PKS juga meminta Pemko Medan mewarning pengusaha papan reklame (bilboard) agar mengecek kembali papan reklamenya dari kemungkinan-kemungkinan rubuh jika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Termasuk juga (Pemko) meminta kepada pengusaha papan reklame untuk mengecek kembali papan reklamenya dari kemungkinan ambruk saat hujan deras disertai angin kencang," katanya.

Fraksi PKS, kata Jumadi, juga mendesak Pemko Medan segera membuat 'Early Warning System' (sistem peringatan dini) kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai.

"Tujuan sistem peringatan dini sebagai persiapan ketika air sungai naik secara cepat sehingga bisa lekas diantisipasi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Sebab naiknya permukaan air sungai tidak serta-merta karena hujan, tetapi bisa juga karena banjir kiriman dari hulu sungai," katanya.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini