|

Dua Perusahaan Asal Sumut Ambil Bagian di HAPEX 2019


INILAHMEDAN - Thailand: World Halal Product Expo (HAPEX) 2019, pameran halal terbesar di Hatyai, Thailand Selatan, melibatkan 11 perusahaan di Indonesia, Kamis (25/07/2019). Dua di antaranya perusahaan asal Sumatera Utara (Sumut) yakni CV Berkah Amanah Sejahtera dan Lovely Holidays Tour.

Konsul RI Songkhla, Fachry Sulaiman berharap pameran ini mampu membangun bisnis dan transaksi demi kemajuan. Sebab, Thailand Selatan merupakan tujuan wisata halal para turis.

"Indonesia melibatkan 11 perusahaan, dua d iantaranya dari Sumatera Utara. Kita takkan melepaskan pameran ini begitu saja, tapi kita lihat dampak setelah selesai. Sebab kita tak henti-hentinya ikut mempromosikan produk asli Indonesia,"ucap Fachry.

Sementara itu, di tempat yang sama, Direktur Asia Tenggara, Kementerian Luar Negeri RI Denny Abdi mengatakan Indonesia memiliki sejarah panjang dengan Thailand Selatan. Terutama dengan wilayah Riau, Aceh dan Sumatera Utara. 

Sehingga, tak hanya kerja sama di bidang bilateral tetapi budaya, pendidikan juga ekonomi mesti mendapatkan dukungan penuh oleh Kementerian Luar Negeri kepada konsulat RI Songkhla.

"Kita juga sudah sepakat dengan Gubernur Songkhla untuk mendorong lebih erat kerja sama antar negara,"ujar Denny didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika,  Kementerian Luar Negeri RI, Rossy Verona, Ketua Asosiasi Pariwisata Halal Thailand, Aida Oujeh dan Ketua Asosiasi Pariwisata Songkhla, Chanin Sakarin.

Pemilik, Lovely Holidays Tour asal Sumatera Utara, Maruli Damanik menyebutkan siap membantu promosi potensi wisata Sumatera Utara dan Indonesia melalui World Halal Product Expo (HAPEX) 2019. Sebab Sumatera Utara memiliki banyak sekali wilayah yang bisa dikunjungi dan dinikmati untuk para turis.

"Seperti Simalem Resort yang mungkin belum diketahui banyak orang. Kemudian Samosir Music International 23-24 Agustus di Danau Toba, acara itu juga kita promosikan," kata Maruli.

Pameran halal terbesar ini dibuka Direktur Prince of Songkla University, Dr Tawat Noipom dan Wakil Gubernur Songkhla, Anuchit Trakul. Acara berlangsung dari 24 - 28 Juli 2019 dan diperkirakan akan menghadirkan tak kurang dari 20 ribu pengunjung. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini