|

Bawaslu Medan Bentuk Tim Investigasi Selidiki Ijazah Ganda Caleg PDIP

Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PC-Himmah) Kota Medan Ilham Fauzi Munthe menyerahkan berkas foto copy ijazah ganda caleg PDIP kepada Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap di kantor Bawaslu Kota Medan, Jalan Sei Bahorok, Kamis (25/07/2019).(foto/hendra)

INILAHMEDAN-Medan: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan membentuk tim investigasi untuk mengusut ijazah ganda Robi Barus (anggota DPRD Medan Fraksi PDI-P) yang digunakan pada saat mendaftar calon legislatif (caleg) DPRD Kota Medan tahun 2019-2024.

Hal itu ditegaskan Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap, guna menindaklanjuti informasi dan telah menerima dokumen foto copy ijazah ganda Robi Barus yang diserahkan Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PC-Himmah) Kota Medan di kantor Bawaslu Kota Medan, Jalan Sei Bahorok, Kamis (25/07/2019).

"Bawaslu membentuk tim investigasi untuk mendalami syarat caleg tersebut yang sebelumnya juga sudah kita lakukan bersama KPU Kota Medan," sebut Payung. 

Ditegaskan, apabila pada proses klarifikasi syarat yang diajukan ke KPU ada ditemukan bentuk pelanggaran, Bawaslu Kota Medan segera merekomendasikan caleg tersebut untuk didiskualifikasi. 

"Terimakasih kepada PC-Himmah Kota Medan yang sudah menyampaikan ke Bawaslu tetkait adanya dugaan pelanggaran syarat pencalonan anggota legislatif DPRD Kota Medan tahun 2019-2024," katanya. 

Sebelumnya, PC-Himmah Kota Medan mendatangi kantor Bawaslu Kota Medan dengan membawa berbagai poster bertuliskan "Wakil Rakyat Bukan Wakil Pembohong" dan "Usut Tuntas Dugaan Ijazah Palsu Robi" untuk mengusut tuntas atas dua ijazah yang di miliki Robi yang  digunakan untuk pencalonan anggota DPRD  Kota Medan dari PDIP tahun  2014-2019 dan caleg terpilih tahun 2019-2024.

Diketahui, Robi Barus (anggota DPRD Medan Fraksi PDI-P) mempunyai ijazah di dua sekolah swasta yang menyelesaikan pendidikan dalam satu tahun yang sama. 

Ijazah tersebut dari sekolah Perguruan Nasional Gultom Medan. Robi Barus menyelesaikan sekolah pada tanggal 13 Mei 1989.

Kemudian, di Sekolah Menengah Analisis Kesehatan Dharma Analitika Medan, Robi Barus menyelesaikan pendidikan sekolah pada 24 Mei 1989. (imc/hendra)
Komentar

Berita Terkini