|

Tim Puskesmas Pegajahan Ajak Warga Perangi DBD


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Tim Puskesmas Pegajahan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mengajak masyarakat untuk memerangi virus penyebar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

"Kita juga mengajak pihak pemerintah desa untuk mengajak warganya bersama-sama mencegah perkembangbiakan nyamuk pembawa virus DBD," kata Kepala Puskesmas Pegajahan dr Yanes GH Manalu didampingi dr Verayati Meriati Panjaitan saat mengunjungi pasien yang diduga terjangkit DBD, Panji Kurniawan (12) di kediamannya di Dusun IV B, Desa Pegajahan, Sergai,  Selasa (25/06/2019).

Turut serta dalam kunjungan itu Jenni Susanto Siapayung, petugas Kesehatan Lingkungan beserta bidan Desa Pegajahan.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, kata Yanes, perlu dukungan seluruh elemen desa termasuk juga pelaksanaan kegiatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Menurut dia, ada beberapapilar dalam STBM yakni stop buang air besar sembarangan (SBS), mengelola sampah rumah tangga dengan baik, pengelolaan limbah cair rumah tangga, pengamanan makanan dan minuman memenuhi kaidah kesehatan.

"Dengan terlaksananya STBM maka faktor-faktor penyebab masalah kesehatan di masyarakat dapat ditekan sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat," kata Yanes. (imc/dipa)

Komentar

Berita Terkini