|

Equaliz, Grup Band Asal USU Berkarya Lewat Musik, Ini Seabrek Prestasinya


INILAHMEDAN - Medan: Pepatah mengatakan seseorang akan dikenal lewat karyanya, menjadi menjadi motivasi dan inspirasi bagi grup band asal Medan: Equaliz.

Equaliz adalah band Indie Medan yang dibentuk pada 1 Oktober 2014. Grup band ini mengukir prestasi di dunia musik. Personelnya yakni Benny (vokalis), Salomo (keyboardist), Joseph (bassist), Samuel (gitaris) dan Goppaz (drummer).

Kelima anak muda ini sepakat membentuk sebuah band sebagai wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan selama menempuh studi di Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU). Etnomusikologi memang dikhususkan sebagai tempat mahasiswa untuk mempelajari seni musik dan budaya. Baik daerah maupun modern.

Berkecimpung di dunia musik selama hampir lima tahun, tentunya Equaliz sudah sudah memiliki pengalaman panggung dan prestasi yang membanggakan. Sebut saja di daerah pesisir pantai Danau Toba, Samosir. Equaliz berhasil mendapatkan predikat sebagai Ranking 1 dalam Samosir Band Festival dua tahun berturut-turut yakni 2016 dan 2017.

“Pastinya kami senang dapat Ranking 1 di Samosir Band Festival dua tahun berturut-turut. Kami bangga karena kami bisa punya prestasi di daerah sendiri,” ujar Benny sang vokalis, kemarin.

Mencoba untuk ke luar dari zona lokal, Equaliz mengikuti perlombaan Soundsation Regional Sumut dan berhasil meraih posisi pertama sebagai pemenang. Capaian tersebut membawa Equaliz sebagai finalis perwakilan Sumut dalam ajang Soundrenaline 2015 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Equaliz mampu memijakkan kaki mereka ke panggung nasional meskipun baru setahun terbentuk.

Prestasi-prestasi yang diraih tentu saja tidak terlepas dari latihan yang rutin. “Practice Makes Perfect”. Itulah yang diterapkan masing-masing personel Equaliz.

Berkat latihan ekstra, Equaliz mampu menggebrak banyak panggung musik di berbagai kota di Indonesia. Beberapa di antaranya tampil sebagai Guest Star Siantar Man Art Festival 2017 di Siantar, Guest Star Happy Birthday Indonesia Festival 2017 di Gambil Expo Kemayoran, Guest Star Pesona Budaya Batak 2017 di Parapat, Opening Padi Reborn 2018 di Mojokerto, Pandaan dan Kepanjen Jawa Timur, Guest Star Super Music Rock 2018 di Magentan, Guest Star Road To HodgePodge Super Fest 2018 di Surabaya, Guest Star Super Adventure Monster Road 2018 di Banten dan 2019 di Tuban, Jawa Timur dan masih banyak lagi.

Haus akan mengikuti perlombaan, Equaliz kembali membuktikan diri pada salah satu ajang musik nasional lain, yaitu Rockin Battle pada tahun 2017. Equaliz berhasil meraih posisi delapan besar dan berhak mendapatkan gelar “The Mighty 8” bersama band-band lainnya.
Para personel Equaliz Band asal USU

Secara personal, personil Equaliz memiliki prestasinya sendiri. Di mana semua personil Equaliz mengambil bagian menjadi peserta dan perwakilan USU dalam IMT - GT ( Indonesia Malaysia Thailand - Growth Triangle). Acara ini merupakan acara jalinan persahabatan antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Masing-masing personil terlibat dalam bidang seni dan musik sesuai dengan potensi mereka. Sang drummer, Goppaz, juga memperoleh penghargaan dalam acara USU Jazz Festival di tahun 2018.

Equaliz sendiri sudah memiliki beberapa karya lagu di mana lirik dan arransement lagunya diciptakan oleh masing-masing personil. Beberapa single dari Equaliz yakni Pergi-Pergilah Kau dan Suara Jiwa, telah banyak diperdengarkan di radio dan platform musik. Di antaranya Spotify, ITunes, JOOX, dan Souncloud. Karya-karya mereka ini diterima baik oleh para pendengar di Medan maupun di luar Medan.

Kini, Equaliz kembali akan merilis karya baru mereka berupa album. Album ini akan berisikan 10 lagu, di mana 2 single mereka yaitu Pergi-Pergilah Kau dan Suara Jiwa akan hadir sebagai track list dalam album baru ini.

“Kami berharap proses persiapan album ini dapat segera selesai dengan baik. Pendengar juga bisa dengar lagu kami dan hapal liriknya. Ke depannya kami ingin Equaliz menjadi inspirasi bagi band-band lokal lain dalam berkarya dan Equaliz dapat lebih berkembang di dunia permusikan Indonesia,” ujar Pranata, Manager Equaliz yang akrab disapa Ciks. (imc/rel)

Komentar

Berita Terkini