|

Bupati Sergai Ajak Masyarakat Ubah Pola Hidup Lewat Gerakan GLS


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Bupati Serdangbedagai (Sergai) Soekirman meminta masyarakat untuk mengubah pola hidu untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik. 

"Ini perlu kita garis bawahi agar ke depan jangan lagi membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik. Jadi mari kita ubah pola hidup kita yang selama ini dianggap menyalah terkait persoalan sampah," kata Soekirman di sela-sela pelaksanaan sidak di beberapa instansi di Kecamatan Perbaungan, Senin(10/06/2019).

Soekirman mengatakan di sejumlah daerah di Indonesia saat ini dalam keadaan darurat sampah plastik. Oleh sebab itu, dia mengajak masyarakat mulai dari dusun, desa, kecamatan dan seluruh penjuru Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini agar dapat membuat Gerakan Lubang Sampah (GLS) di lingkungan tempat tinggalnya.

"Dengan gerakan GLS, sampah rumah tangga terkumpul dan mudah dibakar lalu dan didaur ulang dan tidak menimbulkan pencemaran udara serta menimbulkan permasalahan kesehatan," ajaknya. 

Jika gerakan ini bisa dioptimalkan, Soekirman menyakini persoalan sampah khususnya sampah plastik dapat dikurangi.

"Termasuk juga menjaga kebersihan objek wisata dari sampah. Ini harus menjadi perhatian para pengelola objek wisata di Sergai. Dengan begitu kunjungan wisatawan ke Sergai akan naik," katanya.

Pada sidak itu, Soekirman memberikan apresiasi kepada PNS dan tenaga kontrak atas tingkat kehadiran masuk kerja pasca libur Idul Fitri.

"Kepada pegawai yang absen, saya minta BKD menindaknya sesuai peraturan," katanya.

Pada waktu bersamaan, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya juga melakukan Sidak ke RS Sultan Sulaiman, Dinas PMP2TSP, Dinas Kelautan Perikanan, Dinas P2KBP3A, Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi dan BPBD.(imc/yuka)
Komentar

Berita Terkini