|

Asrama Haji Baru Direncanakan Dibangun di Kualanamu 2020


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan ingin membangun Asrama Haji yang baru di kawasan Kualanamu, Deliserdang. Tujuannya untuk lebih memudahkan akses ke Bandara Internasional Kualanamu.

Menurut Gubernur, Asrama Haji yang ada saat ini di Jalan AH Nasution Medan dinilai sudah tidak strategis lagi mengingat jaraknya jauh dari bandara setelah Bandara Polonia dipindahkan.

"Rencananya pembangunan Asrama Haji yang baru dimulai tahun 2020. Saat ini sudah ada lahan 50 hektar di kawasan Kualanamu. Jadi di sini (Jalan AH Nasution) tak tepat lagi jadi Asrama Haji," kata Gubernur usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1440 H/2019 Embarkasi/Debarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Jalan A H Nasution, Selasa (25/06/2019).

Gubernur juga menerima masukan agar membangun Asrama Haji dekat dengan Islamic Centre yang rencananya juga akan dibangun di kawasan tersebut. Asrama Haji nantinya akan didesain menyerupai kondisi di Mekah, Madinah dan tempat lain yang akan dituju jamaah haji di sana.

"Insya Allah mulai tahun depan, 2020 sudah bisa kita mulai ini. Ini akan kita desain lebih baik, jadi orang berangkat haji ada gambaran sebelum berangkat," kata Gubernur.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut Iwan Zulhami mengatakan tahun ini calon jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Medan sebanyak 8500 orang. Jumlah tersebut akan terbagi dalam 22 kelompok terbang (kloter).

Sementara itu, Sekdaprov Sumut Sabrina juga dilantik sebagai pengarah PPIH. PPIH yang dilantik bertugas menyiapkan hal-hal terkait teknis pelayanan kepada jamaah haji Embarkasi/Debarkasi Medan. PPIH juga bertugas memberikan pelayanan penerimaan jamaah haji, akomodasi, penyerahan dokumen, penyerahan uang living cost, pembinaan manasik haji, pembayaran penggantian biaya cetak paspor dan lain sebagainya. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini