-->
    |

Membludak, Warga Berbuka Puasa di Masjid Agung Medan

Ketua Panitia Kegiatan Ramadan 1440 Hijriah BKM Masjid Agung Medan Hendra DS berbaur dengan jamaah berbuka puasa bersama. (foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Ratusan warga terlihat membludak saat menghadiri acara berbuka puasa bersama di Masjid Agung Medan Jalan Pangeran Diponegoro, Ahad (12/05/2019).

Bahkan pelataran teras depan dan kiri masjid tidak cukup lagi menampung warga yang datang dari berbagai komponen dan profesi. Tenda yang disiapkan panitia di halaman depan juga dipenuhi jamaah yang duduk lesehan, berbaris, bersila berhadap-hadapan.

Tahun ini Masjid Agung Medan menyiapkan 500 sampai 800 paket berbuka puasa untuk jamaah dan masyarakat. Takzil dan santapan berbuka tersedia setiap hari.

“Penyediaan paket berbuka ini merupakan salah satu program keumatan pada bulan Ramadan oleh BKM Masjid Agung Medan,” kata Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ramadan 1437 Hijriah BKM Masjid Agung Medan Hendra DS, Ahad (12/05/2019).

Hendra yang sudah 4 tahun berturut-turut menjadi ketua panitia kegiatan ini menjelaskan paket berbuka puasa atau takzil yang disediakan panitia bersumber dari sumbangan pengurus BKM Masjid Agung dan para donatur sehingga tidak mengganggu kas masjid maupun tabung infak.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pengurus BKM dan donatur. Ini murni swadaya pengurus BKM Masjid Agung dan donatur bukan dari kas masjid. Alhamdulillah animo masyarakat berinfak cukup tinggi, termasuk untuk pembangunan Masjid Agung," ujarnya.

Hendra DS yang juga Sekretaris BKM Masjid Agung Medan mengajak umat untuk mendoakan pembangunan perluasan Masjid Agung bisa cepat selesai sehingga masjid ini menjadi ikon Kota Medan dengan menara masjid tertinggi di Asia Tenggara setinggi 199 meter.

Begitu pun, kata Hendra, Panitia Ramadan BKM Masjid Agung sepakat tetap menerima sumbangan dari masyarakat atau donator yang ingin memberikan santapan untuk berbuka dan tadarus.

Suasana juga tambah semarak dengan hadirnya Bazaar Ramadan di areal depan Masjid Agung yang menyediakan sejumlah produk bernuansa Islami. Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari masyarakat.

Bazaar Ramadan yang baru pertama dilaksanakan ini, kata Hendra, diharapkan menjadi salah satu even bagi masyarakat di bulan Ramadan. 

"Hasil dari penyewaan stand-stand tersebut akan didonasikan untuk pembangunan Masjid Agung," katanya.

Kegiatan ibadah di Masjid Agung di bulan suci Ramadan tahun ini, menurut Hendra, adalah pelaksanaan Salat Isya dan Salat Tarawih dengan Imam para hafidz 30 juz di mana dalam salat 1 juz setiap malam.

"Insya Allah pada tanggal 20 Mei akan didatangkan Imam Syeikh Malik Al-Qasrawy dari Palestina. Setelah itu ada kegiatan tabligh akbar bersama Ustadz M Nur Ihsan yang merupakan alumni Universitas Islam Madinah. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 28 Mei 2019 usai Salat Ashar," katanya.

"Kemudian pelaksanaan peringatan Nuzulul Quran dan Iktikaf di atas malam ke 20. Panitia menyediakan makanan sahur bagi jamaah yang iktikaf," sambungnya. (imc/rel)




Komentar

Berita Terkini