|

2020 Seluruh Destinasi Wisata Tersertifikasi

Pengunjung saat menikmati air terjun Sipiso-piso di Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.(foto: net)

INILAHMEDAN - Jakarta: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berharap seluruh destinasi wisata di Indonesia tersertifikasi pariwisata berkelanjutan mulai 2020. Tujuannya sebagai syarat untuk menjadi tujuan wisata kelas dunia.

"Kita menargetkan peningkatan pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan khususnya destinasi wisata pada 2020," kata Asisten Deputi Manajemen Strategis Kementerian Pariwisata Frans Teguh, Ahad (12/05/2019).

Menurut Frans, pembangunan destinasi sudah ada pendomannya dari UNWTO untuk pembangunan kepariwisataan berkelanjutan. Ini telah diterapkan PBB dan Global Sustainable Torism Council (GSTC) yang sudah ditambahkan dengan nilai-nilai budaya di Indonesia.

Kata Frans, ada tiga norma yang perlu diterapkan dalam pembangunan pariwisata berkelanjutan yang mengacu pada Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 14 tahun 2016. Pertama, pariwisata harus berbasis budaya baik dari bentuk atau unsur. Kedua, pariwisata harus berbasis masyarakat dan ketiga pariwisata harus berbasis lingkungan.(imc/***)


Sumber: Kompas

Komentar

Berita Terkini