|

Wagub Pastikan Sumut Siap Sukseskan Pemilu 2019


INILAHMEDAN - Medan: Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sabrina melaporkan kesiapan Provinsi Sumut dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro, Rabu (10/04/2019).

Laporan kesiapan melaksanakan Pemilu 17 April 2019 melalui video conference dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) yang diwakili Direktorat Jendral Bina Adminstrasi Kewilayahan Eko Subowo.

Pada rapat koordinasi tersebut, Wagub Musa Rajekshah memastikan kesiapan Provinsi Sumut baik secara logistik dan pengamanan.

“Kita tidak ada kendala dalam persiapan baik dalam penyebaran surat suara, juga kotak suara, pengamanan dan Bawaslu juga memastikan tidak ada kendala," katanya.

Dalam hal pengamanan, Polda Sumut diwakili AKBP Guntur mengatakan sudah bekerja sama dengan TNI untuk mempersiapkan 23.342 personil yang ditugaskan untuk menyukseskan Pemilu 2019. Jumlah tersebut terdiri dari 13.002 personel dari Polri dan 10.340 personel dari TNI.

“Kami bekerja sama dengan TNI untuk menyiapkan 23.342 personil dan mereka sudah dibekali dengan buku saku SOP pengamanan pemilu,” kata Guntur saat memaparkan persiapan Kamtibmas jelang pemilu melalui video conference kepada Kemendagri RI.

Sedangkan untuk logistik, Ketua KPU Sumut Yulhasni mengatakan sudah disebar seluruhnya ke 42.650 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumut. Namun ada kerusakan 187.207 surat suara dan sudah dilaporkan kepada KPU pusat dan sudah ditindaklanjuti.

“Kami sudah melaporkan kerusakan surat suara kepada KPU dan sekarang dalam pengiriman ke sini. Sedangkan untuk kotak suara 80 persen sudah sampai ke seluruh kabupaten/kota Sumut. Sisanya ke daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan darat. Untuk itu kami mohon bantuannya kepada TNI dan Polri agar logistik bisa terkirim semuanya secepat mungkin. Dan per 3 April jumlah pemilih tetap kita 9.786.005,” ungkap Yulhasni. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini