|

Yuk, Diving dan Snorkling di Pulau Mursala..!


Dari atas kapal cepat yang membelah ombak di perairan Teluk Tapanuli, terlihat sebuah pulau berhutan lebat dengan luas lebih kurang 8000 hektar. Pulau ini telah menjadi primadona baru bagi para petualang. Seperti diving, snorkling dan memancing.

Inilah Pulau Mursala atau seringdisebut sebagai Mansalaar Island. Di dalamnya terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Kehidupan penduduknya juga unik. Sehingga menarik untuk menyelaminya manakala kita memutuskan untuk menginap lebih lama di pulau itu.

Sekeliling pulau ini dihiasi belasan pulau kecil yang mayoritas tak berpenduduk. Di antaranya Pulau Puti, Pulau Silabu Na Godang, Pulau Kalimanting, Pulau Silabu Na Menenk dan Pulau Jambe.

Di sekitar Pulau Mursala jugaterdapat beberapa titik yang cocok untuk kegiatan vdiving (menyelam) dan snorkling (berenang sambil menyelam). Salah satunya adalah Teluk Labuah Hunik. Jika ingin berenang dengan pemandangan bawah laut yang menarik, raihlah daerah sekitar Pulau Jambe yang memiliki perairan dangkal dan ikan laut yang cantik.

Bagi yang gemar memancing, di sini juga surganya. Para petualang pun bisa membawa peralatan kemah dan mendirikan tenda di pesisir pulau.

Di pulau ini ada pula beberapa tempat menarik untuk disambangi. Seperti Batu Garuda, berupa batu yang menjorok ke laut berbentuk burung di ketinggian 70 meter di pantai curam Pulau Silabu Na Menek, dan gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang.

Ada pula laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabulabu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek, serta hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti yang berdekatan dengan Pulau Mursala.

Hadirnya pulau-pulau kecil itu semakin mendukung Pulau Mursala sebagai destinasi wisata nan apik. Selain perairan di sekitarnya kaya ikan hias dan terumbu karang yang indah, juga ada tumbuh bonsai pinang merah secara alami di atas bebatuan curam di sekitar Pulau Silabu Na Menek.

Dari sekian banyak yang bisa dinikmati di pulau ini, primadonanya tentulah air terjun Mursala. Keistimewaannya terletak pada airnya yang keluar dari sungai sepanjang 700 meter dengan dasar bebatuan granit kemerahan. Bahkan terjunan airnya yang mengalir deras dari ketinggian 35 meter itu langsung menimpa laut yang menghadap ke Samudera Hindia.

Begitu menakjubkan karya Sang Pencipta atas pulau ini, sehingga pada tahun 2005 silam keberadaannya diangkat ke layar lebar lewat film “King Kong”, dan film nasional berjudul “Mursala” pada 2013 lalu yang dibintangi Atikah Hasiholan dan Rio Dewanto. (***)

Komentar

Berita Terkini