|

Gubernur Edy Tebar 20 Ribu Bibit Ikan Nila di Panyabungan


INILAHMEDAN Madina: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis Edy Rahmayadi menebar sedikitnya 20 ribu bibit ikan nila unggul di saluran irigasi di Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (21/12/2018).

Edy mengharapkan benih ikan yang ditebar ini beberapa bulan kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

"Jadi, mari sama-sama kita jaga,” ujarnya.

Penebaran bibit ikan tersebut, kata Edy, juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menjaga dan merawat saluran irigasi. 

"Penebaran bibit ikan di sini ini nantinya akan membuat masyarakat menjaga lingkungan, karena ada yang dihasilkan dari sini," kata Edy.

Edy mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan jamban di aliran air atau sungai. Karena lingkungan yang tidak sehat dapat menyebabkan stunting pada generasi mendatang. 

Stunting adalah sebuah kondisi di mana pertumbuhan tinggi badan seseorang terganggu karena kekurangan gizi dan lingkungan yang tidak sehat.

Sementara Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution mengatakan, penebaran bibit ikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjaga lingkungan hingga terawat. 

Dahlan mencontohkan Bandung yang telah melakukan pembenahan sistem sanitasi di sungai ataupun aliran air seperti irigasi. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan air sungai dan membuat masyarakat lebih sehat. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini